HOME » BERITA » BERAPA KILOMETER BATAS PAKAI BAN? DAN KAPAN SIH MASA KEDALUWARSANYA?

Berapa Kilometer Batas Pakai Ban? Dan Kapan sih Masa Kedaluwarsanya?

Tidak seperti makanan instan yang selalu disertai dengan kode produksi dan tanggal kadaluarsa, produsen ban kebanyakan tidak mencantumkan kapan produk mereka akan mengalami kedaluwarsa.

Selasa, 21 November 2017 07:15 Editor : Nurrohman Sidiq
Ilustrasi Ban by caranddriver.com

OTOSIA.COM - Setiap benda yang terpasang pada kendaraan pastinya memiliki masa pakai dan waktu ketika part tersebut harus diganti, salah satunya ban. Namun benarkah ban benar-benar memiliki masa apkir dan seberapa kuat masa pakai ban hingga harus diganti?

Tidak seperti makanan instan yang selalu disertai dengan kode produksi dan tanggal kedaluwarsa, produsen ban kebanyakan tidak mencantumkan kapan produk mereka akan mengalami kedaluwarsa. Biasanya, ban hanya memiliki kode-kode khusus pada dinding yang difungsikan sebagai 'identitas' ban tersebut.

Secara umum, ban memang tidak memiliki tanggal kadaluarsa. Namun, ban mempunyai persyaratan khusus yang membuatnya masih laik pakai atau tidak lagi pantas digunakan.

Umur pakai ban biasanya berkisar antara 80.000 sampai 90.000 km. Ketika sudah pada puncak masa pakainya, ban akan mengeluarkan gejala-gejala seperti indikator TWI telah melebihi 1,6 milimeter, retak atau keras sehingga dipastikan tidak akan nyaman jika digunakan. Itulah tanda ban harus segera diganti.

Selain itu, disepakati bahwa di Indonesia masa jaminan ban terebut dinyatakan habis ketika ban berumur 5 tahun sejak kode produksi diterbitkan.

Ban baru yang tersimpan lama pun kemungkinan masih cukup baik untuk dipakai apabila dirawat dengan kondisi yang benar. Contohnya ruang penyimpanan tidak terpapar cahaya matahari langsung atau terkena bahan kimia. Lalu ban harus disimpan dengan posisi berdiri dalam suhu ruangan.

Untuk memastikan bahwa ban masih bagus, disarankan untuk membeli ban yang usianya tidak lebih dari 3 tahun agar didapatkan kondisi karet yang masih sempurna.

(kpl/sdi)

BERI KOMENTAR