HOME » BERITA » BERAPA LAMA KOMPONEN MOTOR MOTOGP DIGANTI?

Berapa Lama Komponen Motor MotoGP Diganti?

Komponen motor MotoGP ternyata tidak hanya dibuat untuk sekali balap atau one-make-race.

Selasa, 10 September 2019 14:15 Editor : Cornelius Candra
Berapa Lama Komponen Motor MotoGP Diganti?
MotoGP 2019 (Idemitsu.com)

OTOSIA.COM - Penggantian dan perawatan komponen harus dilakukan oleh semua pemilik sepeda motor, tak terkecuali tim MotoGP. Hal ini tentu berpengaruh ke performa.

Namun, di MotoGP dan ajang balap lainnya, diperlukan mekanik yang profesional dan memiliki konsentrasi tinggi. Pasalnya, ada lebih dari 2.000 komponen yang harus dikerjakan.

Mengutip dari Motosaigon.vn, memang setiap komponen tidak langsung habis dalam sekali seri balap MotoGP. Namun, penggantian perlu dilakukan untuk memaksimalkan performa motor.

Pada 1 seri, motor setiap tim MotoGP bisa menempuh kurang lebih 110 km. Masing-masing pabrikan memiliki jatah 7 mesin dan normalnya diganti setelah menempuh 1.400 - 3.600 km, tergantung kondisi dan keputusan tim.

1 dari 1 Halaman

Pembersihan Detail

Berapa Lama Komponen Motor MotoGP Diganti?Pembersihan Detail

Sementara itu, oli dan cairan pendingin diganti setelah menempuh 110 km, sekitar 3 seri. Sedangkan rantai akan diperbarui saat telah mencapai 500 km.

Beberapa komponen bergerak, seperti kopling, kampas rem, dan piringan cakram masih optimal digunakan sampai 1.000 km. Velg dan komponen elektrik diganti setelah 2.000 km.

Part diam, seperti handlebar, jok, rear-grip, dan sasis bisa berumur lebih panjang. Usia keempatnya bahkan bisa sampai 1 musim penuh, 4.000 - 4.500 km. Khusus ban, memang dibuat hanya untuk 1 seri atau one-make-race.

Hanya saja, dalam kasus khusus, komponen-komponen tersebut bisa diganti sebelum waktunya, salah satunya ialah kecelakaan. Tak hanya itu, untuk memaksimalkan performa, pembersihannya pun dilakukan secara detail per part.

BERI KOMENTAR