HOME » BERITA » BERAPA SEBENARNYA JUMLAH TOTAL SEPEDA MOTOR DI INDONESIA?

Berapa Sebenarnya Jumlah Total Sepeda Motor di Indonesia?

Rabu, 29 Juli 2015 11:15

Berapa Sebenarnya Jumlah Total Sepeda Motor di Indonesia?
Foto: Nazar Ray
Editor : Sony

Otosia.com - Penjualan kendaraan bermotor terus tumbuh walaupun secara angka per tahun menunjukkan naik-turun, terutama dalam 1-2 tahun belakangan ini karena adanya tekanan ekonomi. Namun, sejak dipasarkan hingga sekarang, jumlahnya terus bertambah.

Kepala Bidang Manajemen Operasional dan Rekayasa Korlantas Mabes Polri Kombes Pol Unggul mengatakan bahwa pertumbuhan sepeda motor dalam setahun setidaknya sekitar 12 persen.

"Dari data yang kami catat, jumlah pertumbuhan sepeda motor memang lebih cepat dibandingkan roda empat. Roda dua itu pertumbuhannya dalam satu tahun bisa 12 persen, roda empat itu hanya empat persenan," ujarnya.

Dengan pertumbuhan dari tahun ke tahun, dan makin banyaknya masyarakat yang menggunakan sepeda motor dalam beraktivitas, jumlah total yang beredar saat ini di Indonesia pun terbilang fantastis.

"(Sepeda motor) rata-rata seluruh Indonesia itu tahun kemarin sudah 97 juta. Itu semua sepeda motor," ujar Kombes Pol Unggul.

Ia sebelumnya menjelaskan bahwa jumlah kecelakaan tahun 2014 dibanding tahun 2013 sebenarnya turun. Dari 100.00-an kecelakaan tahun 2013, jumlah kecelakaan tahun kemarin 95.000 kasus yang dilaporkan. Namun, jumlah yang meninggal lebih banyak dibanding tahun kemarin. Jumlah korban meninggal tahun 2013 sekitar 26.280 jiwa, sementara tahun 2014 sebanyak 28.125 jiwa.

Dari keseluruhan kejadian, sebagian besar melibatkan sepeda motor. Secara total, menurut Unggul, enam puluh persen adalah kecelakaan sepeda motor.(kpl/why/sno)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-5-5
detail

BERITA POPULER