HOME » BERITA » BERAPA SIH BIAYA PRODUKSI MOBIL MADE IN INDONESIA

Berapa Sih Biaya Produksi Mobil Made in Indonesia

Ternyata untuk memproduksi mobil di Indonesia membutuhkan biaya yang fantastis.

Selasa, 25 Juni 2019 16:15 Editor : Cornelius Candra
Berapa Sih Biaya Produksi Mobil Made in Indonesia
Daihatsu Sigra (Otosia.com/ Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Dulu, Indonesia adalah pasar bagi kendaraan-kendaraan yang dibuat atau diproduksi di luar negeri. Misalnya saja, mobil yang beredar dari beberapa brand asal Jepang memag dibuat di Jepang, selain juga di Thailand dan India.

Kini, pasar otomotif di Indonesia besar dan industrinya pun semakin maju. Grup Astra sendiri adalah salah satu contoh raksasa industri kendaraan di Indonesia karena memproduksi kendaraannya di dalam negeri bahkan mengekspor ke negara asalnya, Jepang.

Namun cita-cita untuk membuat semua merek mobil di Tanah Air tetap ada. Sekalipun demikian, mewujudkan keinginan ini dibutuhkan dana yang tidak sedikit.

"Kalau mau bikin satu mobil, investasi minimum Rp 2 triliun," kata Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor.

1 dari 1 Halaman

Perlu Pertimbangan

Berapa Sih Biaya Produksi Mobil Made in IndonesiaPerlu Pertimbangan

Mengingat dana yang dibutuhkan bukan main besar, maka jenis mobil yang diproduksi pun membutuhkan pertimbangan yang sangat matang.

Bicara Daihatsu, harapan membuat semua mobilnya di Indonesia pun diutarakan mengingat kemampuan produksi dan pasar dari tipe-tipe mobil yang dikeluarkan Daihatsu cukup bersahabat dengan pilihan masyarakatnya. Salah satunya adalah Sirion.

Walau demikian, kata Amelia, Sirion tetaplah belum bisa menjadi pertimbangan untuk menjadi mobil made in Indonesia. Pasalnya, pasar mobil ini di Indonesia ditetapkan sebanyak 200 unit per bulan.

Jika mobil dengan pasar yang terbilang kecil itu dipaksakan untuk diproduksi di Indonesia, harganya akan membengkak.

"Volumenya itu kalau 100-200, harga mobil akan terlalu mahal. Enggak nutup," kata Amelia Tjandra.

BERI KOMENTAR