HOME » BERITA » BERAWAL DARI PUNGLI, SEORANG SOPIR BIKIN GAMBAR GANJAR PRANOWO DI BAK TRUKNYA

Berawal dari Pungli, Seorang Sopir Bikin Gambar Ganjar Pranowo di Bak Truknya

Ini alasan seorang sopir membuat gambar Ganjar Pranowo di bak truknya. Selengkapnya!

Senin, 25 Oktober 2021 15:15 Editor : Ahmad Muzaki
Berawal dari Pungli, Seorang Sopir Bikin Gambar Ganjar Pranowo di Bak Truknya
Truk 'berwajah' Ganjar Pranowo (YouTube/Ganjar Pranowo)

OTOSIA.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah bertemu dengan sopir truk dengan julukan Sam Petrok. Sopir ini sendiri merupakan pemilik dari truk yang memasang foto Ganjar di baknya.

Ternyata alasan sopir tersebut memasang foto Ganjar berawal dari pungli. Hal ini diketahui dari video yang diunggah di channel YouTube Ganjar Pranowo dengan tajuk "Sekali-kali Nyoba Truk Anti Gosipnya Sam Petrok" pada Minggu (24/10/2021).

1 dari 7 Halaman

Pungli Timbangan

Dari video yang diunggah tersebut, Sam Petrok membeberkan alasannya memasang foto Ganjar di bak truknya. Hal ini merupakan bentuk terima kasihnya kepada Ganjar karena telah membantu para sopir truk dari pungli.

Seperti yang diketahui beberapa waktu lalu Ganjar sempat viral karena menerima keluhan sopir truk karena pungli. Ia tetap mencarikan solusi, meskipun keluhan tersebut berada di Jawa Timur.

"Dari dunia kita kan banyak keluhan kita kena pungli di jalan. Dari situ saya melihat dunia maya, ternyata ada bapak yang mau bantu keluhan sopir dari pungli itu," katanya.

2 dari 7 Halaman

Sejak viralnya Ganjar itulah kini sudah tak ada pungli di timbangan. "Sampai sekarang setelah kejadian itu dari timbangan pungli pun gak ada," tambahnya.

"Sejarahnya ternyata dari pungli timbangan," kata Ganjar.

3 dari 7 Halaman

Sam Petrok yang merupakan sopir truk asal Jawa Timur ini mengaku senang. Apalagi kini sudah tak ada lagi pungli kepada para sopir.

Jika pun masih ada ia dan teman-temannya mengaku tak gentar. Ia tetap tak mau berhenti meski dikejar oleh pelaku pungli.

"Alhamdulillah nggak ada, kita merasa nggak salah kita tetap laju diklakson pakai lampu tapi kita nggak berhenti," tegas Sam Petrok lagi.

4 dari 7 Halaman

5 dari 7 Halaman

Aksi Premanisme Masih Marak, Sopir Truk jadi Sasaran Tukang Palak di Jalan

Sopir truk kena palak di jalan (Instagram/camerapenjurunews)

Aksi pungli memang sering terjadi di banyak daerah. Salah satunya dialami sopir truk dalam video unggahan akun Instagram @camerapenjurunews. Peristiwa itu terjadi di Jalan Ringroad Kapuk Kamal, Cengkareng, Jakarta Barat.

Detik-detik pemalakan ini berhasil direkam oleh pengemudi truk yang melintas di belakang truk yang menjadi korban. Terlihat seorang pemuda mengenakan jaket berwarna merah, berdiri dengan santainya di samping truk yang tengah menanti laju kemacetan. Pria itu terlihat seperti meminta uang.

6 dari 7 Halaman

Pihak kepolisian mengaku sudah berupaya memberantas praktik pungli, namun hingga kini masih banyak pengemudi supir truk yang menjadi korban dari para preman jalanan ini. Tak sedikit dari mereka yang tak bisa berkutik selain menuruti kata si pemalak.

"Malak dia gais, malak lagi dia gais, terjadi pemalakan gais," ucap orang yang merekam video tersebut.

7 dari 7 Halaman

Video yang diunggah pada Rabu (23/6) kemarin itu sempat viral. Beragam komentar muncul mengomentari fenomena pemalakan di jalanan. Tak sedikit dari mereka yang mengecam perlakuan tersebut.

"Manusia gini yang sangat meresahkan, kerja ngak mau pande nya malakin org ajaa.." tulis @okkisetiawan19.

"Nah kalo ini yg diberesin di jalanan mah oke aja. gaush ke pelabuhan segala di berantas yg di luar dibiarin . halo pak presiden tolong telpon kapolri lagi," tulis @martinyogowibowo.

BERI KOMENTAR