HOME » BERITA » BERBASIS GEELY BOYUE, SUV PERTAMA PROTON SUDAH BISA DIPESAN

Berbasis Geely Boyue, SUV Pertama Proton Sudah Bisa Dipesan

Awal tahun ini beredar kabar tentang SUV Proton yang berbasis Geely. Kini kabar tersebut terbukti dengan kehadiran X70.

Senin, 10 September 2018 21:45 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Paultan

OTOSIA.COM - Awal tahun ini beredar kabar tentang SUV Proton yang berbasis Geely. Kini kabar tersebut terbukti dengan kehadiran X70.

X70 sendiri adalah SUV proton yang menggunakan basis Geely Bouyue alias versi facelift. Jadi, X70 adalah rebadge dari Bouyue. SUV ini pun sudah bisa dipesan mulai Sabtu (8/9/2018) meskipun belum resmi diluncurkan.

Banyak fakta menarik seputar Proton X70. Soal nama, menjadi model Proton pertama yang menerapkan huruf dan numerikal. Ternyata untuk mendapatkan X70 butuh proses panjang. Publik diikutsertakan dalam polling memilih empat nama: X7, PX7, X70 dan X700. Hasilnya, 60% memilih X70. Menurut Proton juga, nama X70 lebih diterima di pasar ASEAN dan pasar international lain tanpa harus mengubah lagi.

Yup, dari situ terkuak rencana besar Proton yang tidak hanya menjual Geely Boyue untuk pasar domestik Malaysia. Negeri Jiran dijadikan pusat produksi untuk versi setir kanan secara global. Diwartakan Paultan, Proton telah mengirim lebih dari 500 insinyur ke Geely bukan hanya mempelajari aspek teknis, melainkan juga kualitas. Pihak pabrikan juga mengkonfirmasi, bakal menjadi pusat produksi global X70, tidak untuk Malaysia saja, melainkan pasar setir kanan lainnya.

Foto by Paultan

Ini juga merupakan strategi Geely untuk mengekspansi pasar di luar Cina. Semua makin mudah mengingat 49,9% saham Proton sudah dimiliki perusahaan yang berbasis di Hangzhou ini. Soal aset dan ekuatis tak perlu diragukan lagi. Tinggal meyakinkan konsumen tentang stigma kualitas produk dari dataran Cina.

Yoshiya Inamori, VP of manufacturing Proton, melihat kualitas produk Cina semakin mengalami peningkatan. Inamori yang lama bekerja untuk Mitsubishi menilai, Proton bakal belajar dan mendekati kualitas Geely dan bahkan Volvo.

Untuk memastikan kualitas produk sama dengan Geely, batch pertama Proton X70 masih didatangkan utuh (CBU) dari Cina. Sementara persiapan pabrik Tanjung Malim terus dilakukan sebelum mulai merakit X70 pertengahan tahun depan.

Dari segi desain, Proton X70 sedikit dibedakan dari Geely Boyue. Terutama dari grille dengan tiga bilah horizontal besar, sebagai latar belakang logo Proton. Lalu tulisan Proton terembos di garnish pintu belakang. Itu saja, selebihnya sama persis dengan Boyue setir kiri. Minimnya ubahan kosmetik ternyata untuk mengejar perkenalan pasar X70. Nantinya, produk CKD akan mengalami perubahan lebih banyak.

Untuk awalan tersedia empat varian. Paling dasar Standard 2WD, Executive 2WD, Executive AWD dan Premium 2WD. Semuanya ditenagai mesin bensin 4-silinder 1,8-liter TGDi turbocharged, bertenaga 181 hp dan torsi 285 Nm. Sebagai penyalur tenaga, transmisi otomatis konvensional 6-speed. Berdasarkan hasil pengetesan internal di Cina, konsumsi bahan bakar kombinasinya didapat 12,8 km/liter.

Tak kalah menarik, fitur yang ditawarkan. Berbasiskan Boyue facelift, X70 juga mendapat kulit Nappa di jok, door trim dan lingkar kemudi. Auto dual-zone climate control dan sistem infotainment layar sentuh 8-inci dengan koneksi 4G, sebagai penunjang kenyamanan dan hiburan. Fitur lain ada kamera 360 derajat yang dapat menampilkan tampilan 3D di sekeliling kendaraan. Kamera ini sekaligus untuk fungsi automatic emergency braking dan adaptive cruise control. Selain itu, X70 juga mengaplikasi fitur blind spot monitor.

Pernah pula dikabarkan bahwa SUV ini akan ikut mewarnai pasar otomotif di Indonesia. Jika benar, maka Wuling dan DFSK akan segera mendapat pesaing baru dari pabrikan negara yang sama, China.

Sumber: OTO.com

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR