HOME » BERITA » BERBEDA DENGAN YANG BIASA, BEGINI WUJUD PELAT NOMOR UNTUK MOBIL LISTRIK DI INDONESIA

Berbeda dengan yang Biasa, Begini Wujud Pelat Nomor untuk Mobil Listrik di Indonesia

Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) alias pelat nomor untuk mobil listrik dibuat khusus. Ada penambahan warna biru di bagian bawahnya.

Senin, 19 Oktober 2020 19:15 Editor : Dini Arining Tyas
Berbeda dengan yang Biasa, Begini Wujud Pelat Nomor untuk Mobil Listrik di Indonesia
TNKB untuk mobil listrik (Instagram/satlantas_polrestabogorkota)

OTOSIA.COM - Pemerintah Indonesia juga sedang menyongsong era elektrifikasi. Pemerintah juga sudah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Berbasis baterai untuk Transportasi Jalan.

Beberapa kalangan juga sudah mulai memiliki dan beralih ke mobil listrik. Sayangnya, harga mobil listrik di Tanah Air masih tidak bisa dibilang terjangkau.

Selain itu, infrastrukturnya juga bisa dibilang belum memadai. Meski begitu, berbagai pihak sudah bersiap untuk menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan kendaraan listrik.

1 dari 2 Halaman

Berbeda dengan yang Biasa, Begini Wujud Pelat Nomor untuk Mobil Listrik di Indonesia

Termasuk soal bentuk pelat nomornya yang tak sama dengan kendaraan pada umumnya. Pelat nomor yang diperuntukkan bagi mobil ramah lingkungan itu dibuat khusus untuk membedakannya dari mobil-mobil dengan mesin pembakaran internal alias mobil bensin.

Pelat nomor untuk mobil listrik itu diberi warna biru di sepertiga bagian bawahnya. Wujudnya pun diunggah melalui oleh akun Instagram @satlantas_polrestabogorkota. Langkah menyiapkan pelat nomor khusus ini disebut untuk mendukung Perpres tersebut, seperti pada keterangan di Instagram tersebut.

"FYI: Bentuk Plat nomor/ / TNKB kendaraan Listrik berbasis Baterai yang beroperasi di Jalan Raya... Ada penambahan warna biru di permukaan TNKB," tulis akun tersebut.

2 dari 2 Halaman

BERI KOMENTAR