HOME » BERITA » BERBEKAL MESIN EVO X, PROTON BERTEKAD TURUN DI WRC 2018

Berbekal Mesin Evo X, Proton Bertekad Turun di WRC 2018

Kamis, 18 Mei 2017 22:45

Berbekal Mesin Evo X, Proton Bertekad Turun di WRC 2018
Foto: Istimewa
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Ajang balap reli kerap digunakan untuk memamerkan kekuatan produk sebuah pabrikan untuk berkompetisi di pentas dunia.

Salah satu kelas mobil reli yang sedang ramai adalah kelas R5, dimana spesifikasinya mewajibkan sebuah hatchback bermesin turbo 1.6 liter untuk menggerakkan 4 rodanya.

Berbagai pabrikan sudah terbukti keandalannya, seperti Skoda Fabia, Ford Fiesta, Peugeot 208, Citroen DS3, serta Opel dan VW juga turut menyusul.

Satu pabrikan lagi yang menyatakan keikutsertaannya adalah merek mobil negara tetanga, Proton, dengan hatchback Iriz andalannya.

meskipun begitu, Proton Iriz R5 ini tidak menggunakan mesin Campro andalannya, melainkan dapur pacu 4B11T yang dulunya berada di Lancer Evolution X.

Mesin 4B11T milik Lancer Evo X memang awalnya berkapasitas 2.0 liter, namun telah diturunkan menjadi 1.6 liter agar dapat bertanding di kelas R5.

Rencananya, Proton Iriz R5 bakal pertama kali menyapa publik di ajang Goodwood festival of Speed di Inggris, sebelum di ajang reli dunia WRC, lebih tepatnya kelas WRC2 2018.

(kpl/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-5-18
detail

BERITA POPULER