HOME » BERITA » BERBEKAL SISTEM COMMON RAIL, HINO SIAP JAWAB TANTANGAN EURO 4 TAHUN DEPAN

Berbekal Sistem Common Rail, Hino Siap Jawab Tantangan Euro 4 Tahun Depan

Untuk menyambut era baru peraturan emisi gas buang Euro 4, Hino mengaku sudah siap dengan teknologi dan juga fasilitasnya.

Rabu, 28 April 2021 22:45 Editor : Redaksi Otosia
Berbekal Sistem Common Rail, Hino Siap Jawab Tantangan Euro 4 Tahun Depan
Ilustrasi Hino (Hino)

OTOSIA.COM - Standar emisi EURO 4 yang sebelumnya sempat dijadwalkan akan berlaku April 2021, akhirnya harus ditunda akibat pandemi COVID-19. Hal itu sesuai dengan pernyataan Direktur Pengendalian Pencemaran Udara Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK, Dasrul Chaniago.

"Akibat pandemi covid-19 yang melanda dunia dan Indonesia, persiapan pemberlakuan Euro 4 untuk kendaraan diesel akan ditunda sampai April 2022," kata Dasrul saat menghadiri diskusi Implikasi Program Langit Biru yang diadakan oleh YLKI, Jumat (11/12).

Untuk menyambut era baru peraturan emisi gas buang tersebut, Hino mengaku sudah siap dengan teknologi dan juga fasilitasnya.

1 dari 4 Halaman

"Dalam fase Hino Road to Euro4 saat ini, berbagai pengembangan kendaraan telah kami lakukan sebagai pemain utama bus dan truk di Indonesia. Hal ini untuk memastikan kesiapan implementasi standar emisi Euro4 tahun depan?, ungkap Masato Uchida, President Director PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI). 

Di pasar Indonesia, Hino telah mengadopsi teknologi mesin common rail sejak tahun 2012. Sistem ini memungkinkan bahan bakar disemprotkan ke ruang bakar oleh injector dengan komposisi antara waktu dan volumenya diatur lewat komputer mesin atau ECU.

Mekanisme tersebut membuat kinerja mesin diesel lebih optimal dan kontrol emisi jadi lebih bagus. Dengan begitu produksi tenaga pun bisa maksimal.

 

2 dari 4 Halaman

Di samping itu, Engine Hino Common Rail memiliki berbagai macam keunggulan lain contohnya 3x penyaringan bahan bakar pada sistem supply untuk melindungi engine dari kontaminasi bahan bakar. Injector-nya juga menggunakan Diamond Like Carbon (DLC) yang membuat durabilitas dari injector sangat baik dan tahan terhadap gesekan.

Dengan kata lain, mesin berteknologi common rail dapat menghasilkan lebih banyak tenaga dan namun konsumsi bahan bakarnya makin hemat serta rendah emisi. 

Teknologi ini sudah ditanamkan pada produk-produk andalan Hino seperti Hino Ranger FM 285 JD untuk dump, Ranger FL 245 JN dan FM 350 TH untuk cargo serta Hino bus RN 285.

3 dari 4 Halaman

Santiko Wardoyo Chief Operating Officer (COO) ? Director HMSI mengatakan, "Hino Ranger dan Hino Bus untuk beberapa model sudah mengadopsi teknologi common rail, dan hasilnya cukup baik dan diterima menjadi andalan para konsumen dalam menjalankan bisnisnya disini. Untuk itu ini menjadi bukti bahwa kendaraan kami dapat diandalkan termasuk nanti saat era Euro4 tiba".

Hino mengaku basis mesin common rail sudah teruji dan terbukti karena Hino merupakan produsen pertama di dunia yang mengembangkan teknologi mesin ini.

Dalam kiprahnya, Hino mengklaim selalu mengembangkan Best Fit Product untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis dan operasional konsumen. Selain itu, produk Hino dikembangkan dengan konsep QDR, Quality Durability dan Reliability.

"Mesin Hino common rail sudah kami lakukan serangkaian test, termasuk untuk Hino Bus. Hasilnya test yang kami lakukan di rute Transjawa, mesin berada pada temperature yang normal dan tidak ada kendala sama sekali, begitupun dengan temperature oli yang dalam kondisi panas yang normal. Tentunya ini salah satu keunggulan kami, dengan volume oli yang lebih sedikit 12.7 liter. Ternyata tidak ada ganguan sama sekali di engine dan terbukti Hino Bus ini reliable untuk jalur Trans Jawa dan lebih efisien dan hemat dalam biaya operasional," tambah Santiko.

 

 

4 dari 4 Halaman

Soal Perawatan Hino Common Rail Engine 

Hino Common Rail Engine mengoperasikan sensor sehingga lebih mudah dirawat. Cukup colokkan Diagnostic Explorer (DX) Tools, maka kerusakan akan dengan ceat terdeteksi.

Alat ini sudah tersedia di head office jaringan Hino yang tersebar di seluruh Indonesia. Terhitung ada 179 jaringan outlet yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Selain tersedia di head office, DX Tools juga bisa dimanfaatkan lewat Hino Mobile Service. Dengan demikian konsumen tidak perlu khawatir apabila kendaraannya mengalami masalah. 

BERI KOMENTAR