HOME » BERITA » BERBONCENGAN AMAN DAN NYAMAN, SIMAK TIPS INI

Berboncengan Aman dan Nyaman, Simak Tips Ini

Selasa, 13 Februari 2018 17:30 Editor : Cornelius Candra
Ilustrasi : motorcyclenews.com

OTOSIA.COM - Berboncengan bukanlah hal asing dalam dunia sepeda motor. Mayoritas kendaraan roda dua ini mampu mengangkut maksimal dua orang. Untuk menambah kenyamanan ketika berboncengan, Otolovers bisa menyimak dan mengikuti tips ini. Tak hanya bagi pengendara, tips ini juga berguna bagi yang dibonceng.

Yang paling penting adalah kelengkapan berkendara. Pengemudi harus memiliki dokumen resmi seperti SIM dan STNK. Selain itu, baik pengemudi dan penumpang wajib menggunakan helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu. Bukan hanya untuk menghindari tilang, kelengkapan ini dapat mengurangi resiko ketika terjadi kecelakaan.

Sepeda motor hanya didesain untuk mengakomodasi 2 orang. Hindari berboncengan lebih dari kapasitas tersebut. Kenyamanan dan keamanan akan berkurang ketika melanggar aturan ini.

Membonceng orang berarti bertambahnya beban yang harus dikendalikan oleh pengemudi. Pastikan kamu sudah terbiasa mengendarai sepeda motor supaya tidak kaku dan dapat mengendalikan laju serta goncangan sepeda motor.

Pada saat berboncengan, pastika pergerakan titik berat antara pengemudi dan boncenger seirama. Jangan sampai ketika pengemudi condong ke kanan, penumpang justru menuju arah sebaliknya. Hal ini mengganggu keseimbangan sepeda motor.

Penumpang harus duduk menghadap ke depan dan berpegangan pada pengemudi. Boncenger dianjurkan untuk memegang pinggang pengendara dan lutut menjept ringan. Hal ini akan membuat boncenger mengikuti gerakan pengemudi.

Hal yang harus diperhatikan berikutnya adalah tekanan angin ban. Ban yang kempes akan membuat ban mudah aus dan berat dalam melaju. Pasalnya, bebean ketika berboncengan lebih besar daripada mengendarai sepeda motor sendiri.

Hindari membonceng wanita dengan posisi menyamping atau miring. Sepeda motor akan menjadi berat sebelah dan sulit dikendalikan. Hindari menggunakan celana atau ro yang terlalu panjang karena berpotensi tersangkut pada rantai atau roda.

 (kpl/crn)

BERI KOMENTAR