HOME » BERITA » BERBURU MOBIL BEKAS, PERHATIKAN ALASAN PENJUALNYA

Berburu Mobil Bekas, Perhatikan Alasan Penjualnya

Ternyata harga mobil bekas dipengaruhi oleh alasan penjualannya.

Kamis, 25 Juni 2020 09:15 Editor : Cornelius Candra
Berburu Mobil Bekas, Perhatikan Alasan Penjualnya
Dealer mobil bekas (Otosia.com/ Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Mobil saat ini tak hanya dipandang sebagai kendaraan biasa, tapi juga bagian dari investasi. Mereka melihat mobil sebagai aset dan dapat menjadi penghasilan dengan latar belakang masing-masing.

Menurut salah seorang pedagang mobil bekas di daerah Jakarta Barat, pada Juni 2020 lalu, sekitar 60% penjualan mobil bekas didasari keinginan berganti model atau tahun produksi terbaru. Sedangkan 12% mengaku membutuhkan dana mendesak.

Sebanyak 11% orang melakukan penjualan lantaran sudah tak lagi membutuhkan mobil. Sedangkan 8% mobil bekas dijual dengan alasan sudah terlalu tua, di atas 10 tahun, dan 3% sisanya untuk modal bisnis.

1 dari 1 Halaman

Ternyata, alasan penjualan ini juga menentukan harga mobil bekas. Jika pemilik sebelumnya hanya ingin berganti model atau pun sebagai tambahan modal bisnis, banderolnya sebagian besar berada di batas atas pasaran.

Sedangkan ketika mobil bekas dijual untuk dana mendesak, harganya cenderung lebih rendah, bahkan masih bisa ditawar. Untuk mobil-mobil yang sudah tua, terlebih di atas 10 tahun, jelas banderolnya jauh dari harga baru.

Tapi, faktor terbesar dari harga mobil bekas ialah kondisinya. Alangkah baiknya untuk memeriksa lebih dulu rekam jejak servis kendaraan ke bengkel resmi serta pemakaian sebelumnya.

BERI KOMENTAR