HOME » BERITA » BEREDAR GAMBAR BPKB MOBIL SUZUKI PALSU, UANG RP120 JUTA HAMPIR MELAYANG

Beredar Gambar BPKB Mobil Suzuki Palsu, Uang Rp120 Juta Hampir Melayang

Media sosial tengah ramai dengan unggahan foto BPKB mobil Suzuki yang disebut palsu.

Rabu, 18 Desember 2019 19:15 Editor : Dini Arining Tyas
Beredar Gambar BPKB Mobil Suzuki Palsu, Uang Rp120 Juta Hampir Melayang
Beredar foto BPKB palsu (Facebook/Prabu Sucipto)

OTOSIA.COM - Saat membeli kendaraan baru, baik sepeda motor atau mobil, konsumen akan diberi kelengkapan surat-menyuratnya. Seperti STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan dan BPKB atau Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor.

Surat-surat kendaraan itu dikeluarkan oleh pihak kepolisian, selaku pihak yang berwenang. Biasanya, dealer akan membantu mengurus surat-surat tersebut jika konsumen membeli secara on the road.

Kini, media sosial ramai dengan beredarnya foto BPKB yang disebut palsu. Foto-foto itu diunggah oleh akun Facebook Prabu Sucipto.

"Hampir kena tipu, untung saya teliti, klo ngga raib duit 120 juta dapat bpkb palsu," tulisnya.

1 dari 3 Halaman

Beredar Gambar BPKB Mobil Suzuki Palsu, Uang Rp120 Juta Hampir Melayang

Sekilas memang tak ada yang berbeda. Detail kendaraan juga tertera dalam BPKB yang disebut palsu tersebut.

Beberapa pengguna Facebook lainnya pun ikut mengomentari unggahan Prabu Sucipto. Ada yang menyebut bahwa font yang dipakai berbeda.

"Bpkb asli tulisan tangan om.. biasanya.. klo itu ketikan computer... sama stempelnya jg kliatan.. lbh akurat lg scan barcode nya aja.. setahu saya itu aja," komentar akun Eko.

Lantaran tak ada pembandingnya, membuat beberapa orang juga kesulitan mengidentifikasi keaslian BPKB tersebut. Tapi bagi para calon konsumen, ada lima cara yang bisa dipakai untuk membedakan BPKB asli atau palsu.

2 dari 3 Halaman

Cara Bedakan BPKB Palsu

Beredar Gambar BPKB Mobil Suzuki Palsu, Uang Rp120 Juta Hampir MelayangCara Bedakan BPKB Palsu

Menurut TMC Polda Metro Jaya, yang dilansir dari laman Federal Oil, ada lima ciri BPKB atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor asli.

Pertama, cover BPKB asli lebih mengkilap dibandingkan BPKB palsu. Kedua, hologram pada BPKB asli tidak berubah dan tetap berwarna silver jika terkena sorotan sinar. Sedangkan hologram BPKB palsu akan berubah warna menjadi kuning atau memancarkan warna kuning.

3 dari 3 Halaman

Beredar Gambar BPKB Mobil Suzuki Palsu, Uang Rp120 Juta Hampir Melayang

Ketiga, ada nomor pada bagian bawah hologram yang berfungsi mengkategorikan pemilik kendaraan berdasarkan domisilinya. Sejumlah nomor tidak akan terbaca karena bersifat rahasia yang dimiliki oleh Korlantas Polri.

Keempat, adanya identitas pemilik. Pada BPKB Palsu biasanya akan terlihat seperti sudah dicetak ulang setelah sebelumnya dihapus. Kelima, pada halaman ke-14, logo Korlantas akan muncul jika disinari ultraviolet. Selain itu, kertasnya juga bertekstur kasar mengikuti pola yang ada pada logo.

BERI KOMENTAR