HOME » BERITA » BEREDAR VIDEO MOTOR TERBAKAR AKIBAT HAND SANITIZER, INI FAKTANYA

Beredar Video Motor Terbakar Akibat Hand Sanitizer, Ini Faktanya

Beredar video sepeda motor terbakar karena hand sanitizer beredar di media sosial. Tapi benarkah?

Selasa, 23 Juni 2020 08:15 Editor : Dini Arining Tyas
Beredar Video Motor Terbakar Akibat Hand Sanitizer, Ini Faktanya
Video tangkapan layar motor terbakar

OTOSIA.COM - Video yang menunjukkan sepeda motor terbakar beredar di media sosial. Sepeda motor itu disebut terbakar karena disebabkan oleh hand sanitizer.

Video itu dibagikan oleh akun Facebook Info Seputar Wedi pada 19 Juni 2020. Dalam video yang dibagikan itu, sepeda motor terbakra di pinggir jalan. Akun Facebook Info Seputar Wedi juga mengklaim bahwa hand sanitzer itu disimpan di bagasi motor.

1 dari 3 Halaman

"hanya mengingatkan bagi sedulur yang membawa hand sanitizer,

tempat kejadian di Kkb Gajah Mada Pakualaman,dikarenakan menaruh hand sanitizer di jok motor," tulis akun Facebook Info Seputar Wedi.

Video yang disebarkan akun Facebook Info Seputar Wedi telah 100 kali lebih ditonton dan mendapat 6 komentar warganet.

Tapi benarkah hal tersebut?

2 dari 3 Halaman

Cek Fakta Liputan6.com pun menelusuri kebenaran video sepeda motor terbakar yang diklaim karena hand sanitizer beredar di media sosia. Penelusuran dilaukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Google Reverse Image dan Yandex. Namun tidak ditemukan video serupa.

Penelusuran selanjutnya dilakukan dengan menghubungi Kabid Humas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kombes Yulianto. Ia mengungkapkan bahwa peristiwa terbakarnya motor tersebut bukan karena hand sanitizer.

"Bukan. Salah itu, bukan karena hand sanitizer," ungkap Yulianto kepada Liputan6.com, Senin (22/6/2020).

Menurut Yulianto, peristiwa tersebut terjadi pada Kamis 18 Juni 2020 di Jalan Gajah Mada, Yogyakarta. Sehari sebelum kejadian, sepeda motor tersebut sempat ganti oli dan air radiator. Selain itu, pemilik sempat menggunakan sepeda motor tersebut ke daerah Timoho, Yogyakarta.

Namun, saat hendak pulang tepatnya di Jalan Gajah Mada, sepeda motor tersebut tersendat. Tak lama berselang, muncul asap dari bagian mesin motor tersebut. Pemilik berusaha memadamkan asap dengan menyiramkan air. 

Nahas, motor tersebut malah mengeluarkan api hingga membakar seluruh sepeda motor. Hingga akhirnya, api berhasil dipadamkan oleh seorang warga dengan alat pemadam kebakaran.

3 dari 3 Halaman

Liputan6.com

Video sepeda motor terbakar yang diklaim karena hand sanitizer ternyata tidak benar. Motor tersebut terbakar murni karena korsleting listrik.

BERI KOMENTAR