HOME » BERITA » BERENCANA BAWA MUATAN BANYAK DI MOBIL, JANGAN LUPA PERHATIKAN BAN

Berencana Bawa Muatan Banyak di Mobil, Jangan Lupa Perhatikan Ban

Ban mobil harus terus diperhatikan, terlebih saat akan membawa barang banyak.

Jum'at, 12 April 2019 21:15 Editor : Cornelius Candra
Ilustrasi ban mobil (santamonicaaudi.com)

OTOSIA.COM - Satu-satunya komponen mobil yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan ialah ban. Karena itu, ban tak boleh luput dari pemeriksaan agar mampu bekerja maksimal, terlebih saat membawa beban cukup banyak.

"Kalau mobil, pada palang pintu itu ada ketentuannya. Jadi memang biasanya kalau bebannya nambah akan dinaikin. Iya jadi disesuaikan saja," kata Frangkie Paduli, General Affair Department PT Bridgestone Tire Indonesia di Jakarta, Selasa (9/4/2019).

Selain itu, dalam Liputan6.com, Frankie menegaskan agar ban kendaraan tidak kekurangan angin. Karena itu, tekanan angin harus disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan.

"Kalau mobil itu kan sudah punya bebannya sendiri kalau ditambah beban dia akan mempengaruhi kestabilan kendaraan. Jadi kalau ban kempis itu dia akan cepat aus dan bahan bakat jadi lebih boros, karena jadi berat," ujar Frankie.

Tak hanya kekurangan, Frankie juga menegaskan kelebihan angin juga berpengaruh pada kinerja mobil di jalan dan membuat aus pada ban tidak merata.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR