HOME » BERITA » 'BERMAIN-MAIN' DENGAN KELINCAHAN SI MUNGIL CHEVY SPARK

'Bermain-main' dengan Kelincahan Si Mungil Chevy Spark

Minggu, 21 Mei 2017 09:15

'Bermain-main' dengan Kelincahan Si Mungil Chevy Spark
Chevy Spark (foto: Hafid)
Editor : Fajar Ardiansyah | Reporter : Muhammad Hafid Mobil Terkait : Mobil Chevrolet Spark Dijual

Otosia.com - Ingin membuktikan ketangguhan dan kelincahan produk terbarunya, All New Chevrolet Spark, General Motors (GM) Indonesia menggelar media test drive di Bandung. Pada kesempatan tersebut, Otosia pun sempat mengujicoba mobil yang mengusung mesin baru di berbagai trek.

Sebelum memulai perjalanan, ada baiknya kita menengok terlebih dahulu tampilan Spark terbaru. Wajah modis terlihat di bagian depan, dimana evolusi dari grill dual-port Chevrolet yang khas diapit dengan lampu eliptikal besar memanjang hingga fender depan. Di samping itu lampu depan dilengkapi DRL (Daytime Running Light) berdesain edgy membuatnya semakin unik.
Memasuki kabin, tampilan dashboardnya terbilang modern. Kesan lapang terasa untuk mobil berbadan mungil ini. Padahal atapnya telah dibuat lebih landai agar mendapatkan level aerodinamis lebih baik. Sama halnya dengan jok belakang, kesan lapang didapat, meskipun jok depan diposisikan agak ke belakang. Sedangkan bagasi memiliki ruang yang cukup besar, bahkan mampu memuat 2 koper besar.Memulai perjalanan dari Trizara Resort, Lembang, rombongan test drive langsung dihadapkan trek ekstrem dengan sudut kecuraman mencapai 45 derajat. Meski hanya memiliki dua mode transmisi yakni D dan L, namun mampu menghambat laju mobil ketika menuruni jalan terjal tersebut yang dibantu dengan rem yang mantap.Menuju Tangkuban Perahu, trek berkelok dengan elevasi yang beragam mampu dijajal Spark terbaru. Meski berbadan kecil, posisi duduknya cukup tinggi, sehingga terasa seperti mengendarai SUV. Pandang yang luas pun memberikan keleluasaan untuk memperhatikan keadaan sekitar. Kekompakan kendaraan ini juga dapat dirasakan saat berkendara. Roda kemudi yang dilengkapi tombol fungsi pengaturan head unit memudahkan pengendara apabila berkendara sendirian. 
Kemudinya pun cukup ringan, sehingga membantu handling kendaraan yang cukup lincah ini. Mengusung mesin 1,4L Ecotec 4 silinder, respon tenaganya baik. Sayangnya, transmisi CVT yang diusung beberapa kali memberikan kesan lemot. Oleh karena itu, permainan pedal gas yang tepat dibutuhkan. Namun, dengan spesifikasi kepala piston yang kini terbuat dari aluminium, mobil pun semakin lincah karena berkurangnya bobot. Selain itu, exhaust manifold uang dibuat terintegrasi dengan mesin ikut menyumbang pemotongan beban. Sehingga ketika rombongan mencoba menanjak di jalur Tangkuban Perahu, tak terasa sedikit pun kesulitan karena kekurangan tenaga. Padahal kendaraan ditunggangi oleh dua orang dan barang dengan bobot total mencapai 150 kilogram.
Selepas Tangkuban Perahu, kami diberikan kebebasan untuk melaju menuju tujuan berikutnya. Jalan aspal yang mulus dan luas membuat kami tergoda menekan pedal gas dalam-dalam. Handling Spark cukup baik, karena dimensi kendaraan yang pendek membuat badan mobil tak terbuang liar ketika menikung tajam. Tantangan menarik muncul ketika memasuki area tujuan, dimana jalan tak rata yang dipenuhi lubang menguji kenyamanan dan kestabilan mobil.Kami pun melesat dengan kecepatan tinggi untuk mengetahui kenyamanannya. Agar hambatan udara mengecil, Chevrolet memberikan sentuhan kecil mulai dari merendahkan atap dan menurunkan tinggi kendaraan sebanyak 45 milimeter. Kendati jalan membuat mobil harus terlempar-lempar, namun suspensinya mampu meredam getaran. Selain itu, hal tersebut membuat cengkraman ban menjadi lebih maksimal. Bahkan ketika mobil sedikit terbang setelah melewati gundukan cukup tinggi.
Secara keseluruhan, mobil mungil ini cukup handal dan memiliki fungsionalitas yang efisien. Dari segi keamanan dan keselamatan, Chevrolet tampaknya tak bermain-main. Dimana kantung udara kini berada di bagian pengemudi dan penumpang depan.

(kpl/fid/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-6-8
detail

BERITA POPULER