HOME » BERITA » BERMESIN KECIL, MPV MURAH INI TAK KENA PAJAK 0 PERSEN

Bermesin Kecil, MPV Murah Ini Tak Kena Pajak 0 Persen

Ada 2 syarat yang tak bisa dipenuhi Renault Triber.

Senin, 15 Februari 2021 19:45 Editor : Cornelius Candra
Bermesin Kecil, MPV Murah Ini Tak Kena Pajak 0 Persen
Renault Triber (Otosia.com/ Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Mobil MPV, khususnya Low MPV (LMPV), menjadi salah satu segmen yang terdampak relaksasi pajak atau penerapan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) 0 persen. Dengan kebijakan ini, harganya bisa turun dengan harapan mampu membangkitkan kembali industri otomotif yang terdampak pandemi COVID-19.

Hanya saja, ada 1 MPV murah dan bermesin kecil, tapi tidak terdampak program pajak 0 persen, yakni Renault Triber. Pasalnya, ada 2 dari 3 syarat yang tidak terpenuhi oleh produk pabrikan asal Perancis tersebut.

1 dari 2 Halaman

Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, sempat menyebut bahwa ada 3 syarat agar suatu mobil dapat menikmati kebijakan pajak 0 persen ini. Pertama ialah CKD (completely knock down) atau dirakit di Indonesia. Selain itu, komponen lokalnya lebih dari 70 persen, serta kapasitas mesinnya di bawah 1.500 cc.

Satu-satunya syarat yang dipenuhi oleh Renault Triber ialah kubikasi mesinnya, hanya 999 cc. Tapi, MPV murah ini berstatus CBU (completely built-up) atau diimpor secara utuh dari India. Otomatis, kewajiban penggunaan komponen lokal di atas 70 persen juga tidak terpenuhi.

2 dari 2 Halaman

Meski demikian, Renault Triber tetap menjadi salah satu mobil dengan harga yang terjangkau. Hadir dalam 6 varian, MPV 7-seater sub-4m ini dipasarkan dengan banderol Rp133-169,9 juta (OTR Jakarta).

Fitur-fitur yang disematkan pada Renault Triber pun terbilang lengkap, seperti instrumen panel dengan konektivitas smartphone, berkapasitas 7 penumpang, sistem pengereman ABS, dan memiliki airbag 4-titik. Selain itu, terpasang juga projector-headlight dan LED DRL yang membuatnya tampil lebih modern.

BERI KOMENTAR