HOME » BERITA » BERSENGGOLAN DENGAN JACK MILLER DI MOTOGP DOHA, JOAN MIR: ITU DISENGAJA

Bersenggolan dengan Jack Miller di MotoGP Doha, Joan Mir: Itu Disengaja

Begini tanggapan Joan Mir usai bersenggolan dengan Jack Millar di MotoGP Doha

Senin, 05 April 2021 11:15 Editor : Ahmad Muzaki
Bersenggolan dengan Jack Miller di MotoGP Doha, Joan Mir: Itu Disengaja
Joan Mir (Instagram/@joanmir36official)

OTOSIA.COM - Ajang MotoGP Doha 2021 usai digelar pada Senin (5/4/2021) dini hari tadi. Balapan ini diwarnai dengan insiden yang melibatkan pembalap Ducati, Jack Miller dengan Joan Mir dari Suzuki Ecstar.

Juara MotoGP tahun lalu itu pun percaya jika insiden ini memang disengaja oleh Miller dan dia pantas mendapatkan penalti.

1 dari 4 Halaman

Melansir Crash.net, insiden ini bermula saat Mir menyalip Miller dan memaksanya untuk melebar di tikungan 10 dalam perebutan posisi kelima. Usai melewati Miller, Mir pun kemudian mengangkat kakinya sebagai permintaan maaf.

Miller pun membalas perlakuan Mir itu di tikungan terakhir alias trek lurus menuju garis finis. Ia sempat menggerakkan kepalanya yang diduga melirik Mir dan kemudian membenturkan motornya ke pembalap asal Spanyol itu.

Meski sempat bersenggolan dalam kecepatan tinggi, keduanya tetap bisa mengontrol laju motornya. Usai itu, keduanya menggerakkan tangan sebagai bentuk protes ke satu sama lain.

2 dari 4 Halaman

Terkait insiden itu, Mir menilai jika Miller sengaja melakukan hal tersebut. Menurutnya aksi Miller itu melebihi batas dan pantas mendapatkan penalti.

"Menurut saya memang disengaja? Tim saya akan menilai jika mereka harus mengajukan banding. Yang pasti itu harus diselidiki. Manuver ini sudah melebihi batas. Jika memang disengaja seperti yang saya katakan, dia pantas mendapat penalti. Jika tidak, tidak. Tapi saya pikir dia menggerakkan kepala (untuk melihat saya)," kata Mir.

3 dari 4 Halaman

Berbeda dengan Mir, Miller menilai jika insiden itu wajar terjadi dalam balapan. Bahkan ia mengaku sudah tiga kali disenggol sebelum terlibat insiden dengan Mir.

"Ada beberapa kontak ... Sedikit kontak di sana-sini. Itu hanya salah satu dari hal-hal itu. Semua orang melihat apa yang terjadi dan kami terus balapan setelah itu," kata Miller.

"Maksud saya, saya dipukul, saya pikir sudah tiga kali sebelum (insiden itu). Jadi sepertinya itulah jalannya balapan. Itu saja," jelasnya lagi.

4 dari 4 Halaman

Terlepas dari insiden itu, Joan Mir hanya mampu finis di urutan ke-7. Sedangkan Miller harus berpuas diri finis di urutan ke-9.

Secara mengejutkan, pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP Fabio Quartararo berhasil meraih podium pertama di seri ini. Ia diikuti Jorge Martin dan Johan Zarco yang masing-masing berada di podium kedua dan ketiga.

BERI KOMENTAR