HOME » BERITA » BERTAHUN-TAHUN PUNYA BENTUK SEDERHANA, SIMAK 5 ALASAN L300 JADI MOBIL TERLARIS

Bertahun-Tahun Punya Bentuk Sederhana, Simak 5 Alasan L300 Jadi Mobil Terlaris

Kendati bentuknya sederhana dan tidak mengalami perubahan, kenyataannya Colt L300 menjadi salah satu mobil niaga terlaris Mitsubishi di Indonesia.

Kamis, 23 September 2021 20:15 Editor : Nazarudin Ray
Bertahun-Tahun Punya Bentuk Sederhana, Simak 5 Alasan L300 Jadi Mobil Terlaris
Mitsubishi L300 menjadi salah satu yang terlaris (MMKSI)

OTOSIA.COM - Siapa yang tidak kenal L300. Banyak orang mengatakan "bawa pakai L300 aja" bahkan "naik kol (Colt L300)" menandakan bahwa ia sudah jadi kata ganti untuk sebuah pick-up angkut di Indonesia.

Sejak 1981, modelnya sederhana. Begitu-begitu saja, sehingga masyarakat begitu akrab sekalipun tampilan ini sudah terhitung 40 tahun tertanam di memori.

Yang kemudian tidak disangka-sangka, banyaknya L300 berseliweran di jalanan Indonesia tidak terlepas dari statusnya sebagai mobil yang laris.

1 dari 5 Halaman

"Mitsubishi L300 merupakan model ketiga paling terlaris dari line-up Mitsubishi Motors yang dipasarkan di Indonesia pada Agustus 2021, setelah Mitsubishi Xpander dan Mitsubishi Pajero Sport," ujar Tegar Ardisura Raharja, Head of After Sales Marketing & Promotion Section After Sales Division PT Mistubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI)

Bicara tampilan, memang tidak bisa ditutupi bahwa kesederhanaannya justru membuatnya tidak lekang oleh waktu. Tampilannya manis. Namun ada sejumlah aspek juga yang diduga membuat ia bertahan empat dekade di Tanah Air.

2 dari 5 Halaman

"Dengan kehadiran selama 4 dekade di Indonesia, Mitsubishi L300 telah memimpin segmen pasar kendaraan small pick-up nasional. Prestasi tersebut semakin membuktinya bahwa produk ini memenuhi kebutuhan dan juga harapan para konsumen sehingga mendapatkan kepercayaan yang tinggi dan menjadi market leader di kelasnya," tambahnya.

Bentuk sederhana Mitsubishi Colt L300 namun laris (MMKSI)

3 dari 5 Halaman

Lima alasan

Setidaknya ada lima alasan yang mendukung faktor keunggulan tersebut. Pertama bisa dibilang adalah model. Masyarakat Indonesia bisa dikatakan peka dengan tampilan. Sementara Colt L300 punya bentuk yang proporsional dan manis dengan garis yang tegas.

Kesederhanaan juga diterapkan dalam urusan perawatan. Maka dari itu, biaya perawatannya juga membuatnya jadi menarik. Faktor ini kemudian merembet pada harga jual kembali.

Poin selanjutnya adalah fakta bahwa sekalipun tampilannya tidak lekang oleh waktu, Mitsubishi tetap membuatnya beradaptasi dengan modernitas.

4 dari 5 Halaman

Dengan mesin diesel andalan 4D56 yang secara basic juga digunakan di Triton, Mitsubishi sudah memasangkan power steering dan audio head unit termasuk untuk memutar MP3.

Tidak ketinggalan adalah daya angkut yang lewat 1 ton (1,26 ton), cukup besar untuk sebuah small pick-up.

Dimensi cargo bed 2.430 mm x 1.600 mm x 360 mm (standard) atau 310 mm (flatbed) ikut membuatnya memberikan macam-macam pilihan bagi usaha UMKM, termasuk bagi yang membutuhkan pick-up standard, flat deck, ataupun cabin chassis atau membawa boks.

5 dari 5 Halaman

Satu lagi yang tidak ketinggalan adalah harga jualnya. Sebagai kendaraan niaga, dia dipatok di bawah Rp 200 juta (Rp 189,5 juta-Rp 194 juta). Harga yang masuk kategori kompetitif dengan segala poin-poin menarik bagi para pemilik UMKM di dalam negeri.

BERI KOMENTAR