HOME » BERITA » BIAR ENGGAK PENASARAN, SEGINI JUMLAH TIM YANG BERTANDING DI MOTOGP

Biar Enggak Penasaran, Segini Jumlah Tim yang Bertanding di MotoGP

Ada 11 tim yang bertanding dan harus memenuhi sejumlah aturan tertentu.

Selasa, 25 Agustus 2020 16:15 Editor : Cornelius Candra
Biar Enggak Penasaran, Segini Jumlah Tim yang Bertanding di MotoGP
Marc Marquez (Otosia.com/ Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Gelaran MotoGP 2020 kembali bergulir dan memunculkan banyak kejutan. Tim asal Austria sekaligus pendatang baru, KTM, telah 2 kali menaiki puncak podium. Pertama saat Brad Binder memenangi seri Ceko dan kesuksesan Miguel Oliviera di Styria akhir pekan lalu (23/8).

Terlepas dari itu, tahukah Otolovers mengenai jumlah tim dan pembalap yang bertanding di ajang MotoGP? Tentu ada juga sejumlah aturan yang perlu ditaati oleh seluruh peserta.

1 dari 2 Halaman

Mengutip dari situs resminya, saat ini ada 11 tim yang bersaing di MotoGP. Masing-masing menurunkan 2 pembalap dan diperbolehkan memiliki rider pengganti, seperti Stefan Bradl di Repsol Honda Team dan Bradley Smith yang berseragam Aprilia Racing Team.

Tim yang bertanding boleh menggunakan konfigurasi mesin yang berbeda. Ada 4-silinder inline seperti Suzuki dan Yamaha, kemudian V4 di Honda serta Ducati. Tapi, semuanya harus berkapasitas 1.000 cc dan tenaganya sekitar 255 hp.

2 dari 2 Halaman

Bobot setiap motor pun harus sesuai, minimum 157 kg. Artinya, tunggangan Valentino Rossi dkk memiliki power to weight ratio yang berkisar di angka 1,62 hp/kg. Dengan spesifikasi tersebut dan pembalap yang mumpuni, tak heran jika kecepatan maksimumnya mampu melebihi 350 km/jam.

Akhir pekan kemarin, MotoGP telah digelar sebanyak 900 kali sejak pertama kali digelar. Sejarah pun tercatat dengan keluarnya Miguel Oliviera sebagai juara, sekaligus menjadi pembalap asal Portugal pertama yang berhasil memenangi kasta tertinggi.

BERI KOMENTAR