HOME » BERITA » BIAR ENGGAK SALAH KAPRAH, MONTIR DAN MEKANIK ITU TIDAK SAMA

Biar Enggak Salah Kaprah, Montir dan Mekanik Itu Tidak Sama

Montir dan mekanik sering dianggap merupakan pekerjaan yang sama. Namun rupanya montir dan mekanik memiliki tugas yang berbeda.

Selasa, 13 Juli 2021 21:15 Editor : Dini Arining Tyas
Biar Enggak Salah Kaprah, Montir dan Mekanik Itu Tidak Sama
Montir dan mekanik berbeda (Auto2000)

OTOSIA.COM - Mekanik dan montir sering kali dianggap merupakan satu profesi yang sama. Pasalnya, dua pekerjaan itu memang erat hubungannya dengan mobil, terutama di bagian bengkel.

Namun rupanya montir dan mekanik bukan pekerjaan yang sama. Dilansir dari laman Auto2000, secara umum, tugas dan tanggung jawab montir dan mekanik berbeda.

Montir bengkel bertugas memperbaiki kerusakan dan menjaga kualitas performa permesinan, terutama mobil dan motor. Tugas dan tanggung jawab montir di bengkel kurang lebih sebagai berikut:

1 dari 3 Halaman

1. Mencari tahu dan mengetahui penyebab kerusakan pada mobil.

2. Melakukan perbaikan pada penyebab kerusakan mobil sesuai dengan tingkat dan jenis kerusakannya.

3. Melakukan pemeriksaan terhadap bagian lain dari kendaraan.

4. Melakukan pemesanan spare part atau kelengkapan kendaraan yang harus diganti, serta membuat pembukuan laporan kondisi kendaraan setelah dilakukan perawatan.

2 dari 3 Halaman

Sementara itu, mekanik sendiri memiliki arti lain yakni ahli mesin. Mekanik bengkel bertanggung jawab dalam pemeliharaan dan perbaikan mobil saat terjadi kerusakan. Namun, bukan sebatas menangani kerusakan, mekanik pun melakukan pengecekan secar amenyeluruh sebelum terjadi kerusakan.

Tugas mekanik bengkel antar lain:

1. Menguji kendaraan termasuk komponen dan sistemnya.

2. Memeriksa kendaraan untuk menentukan tingkat kerusakan atau malfungsi.

3. Memperbaiki, menyusun ulang, mengganti, dan menyesuaikan rem.

4. Mengikuti daftar periksa untuk memastikan semua bagian penting kendaraan diperiksa.

 

3 dari 3 Halaman

Namun, menurut Auto2000, perbedaan mencolok keduanya adalah pada jangkauan pekerjaannya. Montir biasnaya bertugas memperbaiki, mengecek dan memasang bagian-bagian mobil secara umum. Sedangkan mekanik memiliki tanggung jawab untuk mengecek kondisi kendaraan secara keseluruhan.

Sederhananya, montir bisa dibilang merupakan pekerjaan di bengkel yang tanggung jawabnya meliputi perbaikan dan pemasangan bagian kendaraan umum. Sedangkan mekanik merupakan ahli tentang mesin kendaraan.

Artinya, jika terjadi kerusakan serius, mobil harus ditangani oleh mekanik sebab ada mekanik yang mengkhususkan dirinya dalam memperbaiki kendaraan, seperti khusus kerburator, radiator, atau kompresor.

BERI KOMENTAR