HOME » BERITA » BIAR JAGO, GALANG HENDRA LATIHAN PAKAI PLAYSTATION

Biar Jago, Galang Hendra Latihan Pakai Playstation

Pebalap profesional Indonesia didikan Yamaha, Galang Hendra Pratama, mengaku harus melakukan adaptasi total dalam berjuang di kelas Supersport 300 World Championship.

Sabtu, 07 April 2018 11:15 Editor : Cornelius Candra
Foto : Nazar Ray

OTOSIA.COM - Pebalap profesional Indonesia didikan Yamaha, Galang Hendra Pratama, mengaku harus melakukan adaptasi total dalam berjuang di kelas Supersport 300 World Championship.

Seperti juga saat ia menjalani musim balap tahun ini, yang akan melahap sirkuit-sirkuit legendaris dunia. Ia mengaku baru tahu dua sirkuit saja.

"Saya baru tahu dua sirkuit, di Misano Italia sama Portimao Portugal. Jadi saya adaptasinya harus lebih cepat dibandingkan pebalap-pebalap lain," kata dia.

Pasalnya, waktu latihan pada hari Jumat hanya terbagi dalam dua sesi, masing-masing 20 menit. Waktu ini diakuinya lebih pendek dibanding di Asia Road Racing.
"Setelah itu Sabtu ada Superpool I dan II. Waktu tercepat practise dikombinasi, nanti 12 tercepat masuk Superpool II. Lalu yang di bawah 12 tercepat masuk Superpool I. Lalu hari Minggunya langsung race," kata dia.

Kurang mengenal medan adalah problem utama termasuk bagi seorang pebalap. Untuk itu, ia perlu cara lain agar tetap bisa mengenal sirkuit-sirkuit yang akan digunakan dalam ajang tersebut.

Dalam dunia balap mobil, pebalap bisa memanfaatkan simulator saat menghadapi keterbatasan informasi soal sirkuit yang dilalui.

Lucunya, Galang mematangkan pengetahuan soal sirkuit dengan bermain video game, di samping juga punya ritual yang dilakukan khusus sebelum tidur.

"Kalau motor ya main PS (PlayStation). Kalau sudah datang di sirkuit ya pasti pematangan teknik, sama ya biasa sebelum tidur itu saya pasti simulasi sirkuit. Kalau sudah practice di sana, malamnya saya bayangin, mana yang kalah, mana yang bisa saya push, mana yang bisa saya perbaiki lagi. Jadi di sesi berikutnya saya bisa lebih bagus," kata dia.

(kpl/why/crn)

BERI KOMENTAR