HOME » BERITA » BIAR MAKIN PAHAM, KENALI FUNGSI FILTER UDARA PADA MOTOR

Biar Makin Paham, Kenali Fungsi Filter Udara Pada Motor

Begini fungsi filter udara pada motor. Simak selengkapnya!

Sabtu, 14 Mei 2022 10:30 Editor : Ahmad Muzaki
Biar Makin Paham, Kenali Fungsi Filter Udara Pada Motor
Ilustrasi motor (Otosia)

OTOSIA.COM - Pada sepeda motor dilengkapi dengan filter udara. Komponen ini berperan penting agar menjaga mesin dari kotoran. Jika kotoran dibiarkan menumpuk, maka secara perlahan akan merusak mesin dan menurunkan performanya.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai fungsi dari filter udara simak ulasan di bawah ini. Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah fungsi dari filter udara.

1 dari 4 Halaman

  1. Mencegah Berkarat

Air yang masuk biasanya berasal dari udara yang lembab. Nah, filter udara ini dapat mengantisipasi munculnya karat yang diakibatkan oleh kandungan air dari udara. Filter akan bekerja untuk menyaring air, agar udara yang masuk benar-benar kering sehingga tidak menyebabkan oksidasi dan korosi pada mesin. 

Jika mesin sudah terlanjur mengalami korosi dan oksidasi, sebaiknya Otolovers harus cepat mengganti yang baru. Karena jika tidak maka akan berpengaruh pada performa mesin. 

2 dari 4 Halaman

  1. Mencegah Kerak

Kotoran yang masuk dari luar, kemudian pergerakan piston dan klep juga perlu diminimalisir agar tidak menyebabkan kerak yang membandel. Kerak yang membandel akan sulit dibersihkan sehingga memerlukan tenaga lebih untuk membasminya. 

  1. Menjaga Ruang Pembakaran

Fungsi terakhir filter udara ini adalah sebagai penjaga ruang pembakaran agar tetap bersih. Hal ini disebabkan karena ruang pembakaran sangat sulit dijangkau untuk dibersihkan, bahkan mekanik pun juga mengalami kesusahan saat membersihkan. Dengan begitu, peran filter udara diperlukan dalam menjaga ruang tersebut. 

3 dari 4 Halaman

Jenis-Jenis Filter Udara

Secara umum, filter udara terbagi menjadi 3 jenis, yaitu yang pertama adalah filter udara kertas dan memiliki 2 jenis kertas basah dan kering. Pada jenis ini, di bagian kertasnya terdapat pelumas yang berfungsi sebagai penyaring kotoran agar menempel. 

Yang membedakan pada jenis ini adalah, pada filter udara kertas kering tidak dilengkapi dengan pelumas, sehingga kalian dapat dengan mudah untuk membersihkannya. 

4 dari 4 Halaman

Jenis kedua adalah stainless dengan kualitas lebih mumpuni dalam proses penyaringan kotoran. Namun, untuk varian satu ini memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis lain. Meskipun dibanderol dengan harga segitu, untuk perawatannya Otolovers tidak perlu khawatir karena mudah. 

Untuk filter yang terakhir adalah berjenis busa. Jenis ini digunakan pada motor keluaran tahun 2006 kebawah. Dengan desainnya yang memiliki pori-pori diyakini dapat menyaring dengan baik. 

Demikian, fungsi filter yang dapat Otolovers ketahui di rumah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Otolovers semuanya. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

BERI KOMENTAR