HOME » BERITA » BIAR MOTOR TAK REWEL SAAT RAMADAN, SEGERA CEK BAGIAN BERIKUT

Biar Motor Tak Rewel saat Ramadan, Segera Cek Bagian Berikut

Alangkah lebih baik jika mempersiapkan kendaraan sebelum dipakai. Terlebih saat bulan Ramadan mendatang, sehingga tak menggangu ibadah puasamu ya Otolovers.

Jum'at, 17 April 2020 12:15 Editor : Dini Arining Tyas
Biar Motor Tak Rewel saat Ramadan, Segera Cek Bagian Berikut
Perawatan berkala sepeda motor (Wahana Honda)

OTOSIA.COM - Menjelang bulan Ramadan ada banyak hal yang harus disiapkan. Tak terkecuali kendaraan, agar tak merepotkan saat sedang menjalankan puasa.

Maka itu, memeriksa bagian-bagian penting sepeda motor tak ada salahnya. Dilansir dari Liputan6.com, salah satu cara mudah untuk menerapkan kebiasaaan ini ialah menghafalkan istilah T-Cloc (Tire, Control, Light, Oil dan Chassis).

Pemeriksaan yang dilakukan memiliki tujuan penting, yakni meminimalisir terjadinya risiko kecelakaan, seperti dilansir Federal Oil.

1 dari 2 Halaman

Berikut pemeriksaan T-Cloc yang harus dilakukan pada kendaraan. Pertama, pemilik kendaranan harus memeriksa tekanan angin dan kembangan pada ban. Apabila ban sudah gundul atau botak, Anda harus segera melakukan pergantian.

Jangan lupa, perhatikan retakan pada alur ban, ring, mur dan baut, rem depan serta belakang. Setelah itu, periksa pengungkit gear transmisi, pedal rem, kabel-kabel kelistrikan dan hidrolik.

Memeriksa saklar-saklar seperti selang hidrolik (radiator), kabel gas serta kabel rem atau kopling juga harus dilakukan.

 

2 dari 2 Halaman

Untuk lampu dan kelistrikan, pemilik wajib melihat dan mamastikan komponen mampu bekerja dengan baik. Selalu periksa speedometer pada kendaraan agar kecepatan motor dapat diketahui dengan benar.

Selanjutnya, lihat kapasitas bahan bakar. Pastikan jumlahnya cukup dan sesuai untuk dipakai selama perjalanan. Perhatikan juga kebocoran pada tabung penampungan, serta kapasitas minyak rem.

Hal terakhir yang harus diperiksa ialah suspensi yang meliputi pegas dan pelumas shockbreaker depan, serta perangkat penerus daya yakni rantai, belt atau gardan.

BERI KOMENTAR