HOME » BERITA » BIAR SELAMAT LEWAT JALAN TOL, PATUHI RAMBU INI

Biar Selamat Lewat Jalan Tol, Patuhi Rambu Ini

Sebab, pengendara yang memacu kecepatannya melebihi batas, terutama di jalan tol, kerap menjadi pemicu kecelakaan. Padahal batas kecepatan berkendara di tol sudah diatur lho.

Minggu, 15 April 2018 10:00 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by NTMC Polri

OTOSIA.COM - Sebagai pengendara yang baik, harusnya bisa mengerti cara berkendara dan mematuhi rambu lalu lintas. Selain demi keselamatan diri sendiri, juga demi keselamatan pengendara lainnya ya otolovers.

Apalagi saat berkendara di jalan tol. Jalanan yang cukup lengang bukan berarti pengendara bisa memacu kecepatan kendaraan melampaui batas.

Sebab, pengendara yang memacu kecepatannya melebihi batas, terutama di jalan tol, kerap menjadi pemicu kecelakaan. Padahal batas kecepatan berkendara di tol sudah diatur lho.

Sesuai aturan, batas kecepatan di jalan tol paling rendah adalah 60 km/jam dan paling tingggi 100 km/jam. Aturan ini telah tercantum pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 79 Tahun 2013 tentang Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Tapi faktanya, masih ada saja pengendara yang melaju tanpa mematuhi aturan tersebut. Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Bayu Pratama mengatakan, tujuan aturan ini untuk mengantisipasi kecelakaan dan faktor keselamatan kepada pengendara lainnya.

"Untuk mengantisipasi kecelakaan pihak kepolisian pun telah menerapkan teknologi speed gun, terutama pada ruas tol yang tidak ada kemacetan serta cenderung melebihi batas kecepatan speerti tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Minimal 20 kendaraan ditindak di tol Cipali setiap harinya," ujar mantan Kapolsek Bekasi Selatan ini.

Ada baiknya jika speed gun juga bisa diterapkan di semua ruas tol termasuk tol dalam kota, karena ada kecenderungna pengguna memacu kendaraannya ketika sudah lengang (lancar) yang bisa membahayakn keselamatan pengguna jalan (kendaraan) lainnya.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR