HOME » BERITA » BIAR TETAP PRIMA DI JALANAN IBU KOTA, BEGINI CARA MENJAGA PERFORMA MOBIL LCGC

Biar Tetap Prima di Jalanan Ibu Kota, Begini Cara Menjaga Performa Mobil LCGC

Secara sederhana, pemilik mobil LCGC wajib memahami karakter kendaraannya.

Selasa, 16 Juli 2019 15:10 Editor : Iwan Tantomi
© Shutterstock

OTOSIA.COM - Sejak diluncurkan tahun 2013 silam, jumlah pemilik mobil Low Cost Green Car (LCGC) semakin menjamur di perkotaan. Mobil jenis ini memang didesain untuk pemakaian dalam kota tetapi juga cocok digunakan untuk perjalanan jauh. Kebanyakan modelnya dibuat kompak agar dapat bermanuver dengan mudah, sekaligus menyesuaikan rasio beban yang dapat ditanggungnya.

Secara sederhana, pemilik mobil LCGC wajib memahami karakter kendaraannya, sehingga dapat memberikan performa prima dalam tantangan berkendara yang dihadapinya. Seperti halnya dengan mobil konvensional, mobil LCGC juga rawan mengalami kerusakan mesin karena minimnya pengetahuan kondisi berkendara seperti pengendapan lumpur di ruang mesin. Apa saja penyebab kondisi tersebut?

Kualitas Bahan Bakar yang Kurang Baik

Murahnya harga kendaraan jenis LCGC bukan berarti makin cocok menggunakan bahan bakar beroktan rendah. Mobil LCGC justru direkomendasikan untuk memakai BBM RON minimal 92 seperti seri Pertamax. Jenis bahan bakar ini memang sesuai dengan spesifikasi mesin berkonsep ramah lingkungan yang diusung LCGC.

Jika memaksa memakai bahan bakar berkualitas rendah, dampak buruk pada performa kendaraan akan segera terlihat. Bunyi menggelitik pada mesin kendaraan, juga ruang bakar yang kotor karena menumpuknya residu akibat pembakaran yang tidak sempurna. Penumpukan residu dalam jangka waktu lama dapat menjadi lumpur mesin yang menyumbat saluran oli.

Suhu dan Iklim Ternyata Juga Berpengaruh Pada Mesin Mobil

Wajar terjadi jika pemilik mobil LCGC dapat merasakan perbedaan performa kendaraannya saat musim hujan dan musim kemarau. Saat suhu lebih rendah, udara membawa lebih banyak oksigen ketimbang saat udara sedang panas. Udara yang bagus ini dapat membantu proses pembakaran mesin sehingga performa kendaraan terasa lebih maksimal.

Berbeda ketika musim sedang panas-panasnya. Mesin mobil pada umumnya didesain agar dapat bertahan pada suhu yang begitu tinggi, tapi tentu ada batasnya. Berkendara pada suhu tinggi di siang hari secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan mesin akibat overheating. Kondisi ini dapat membuat oli menjadi lebih kental dan menjadi endapan lumpur mesin.

Overheating Juga Bisa Terjadi Akibat Kepadatan Lalu Lintas

Kompaknya mobil LCGC memang paling gesit untuk berkendara di perkotaan. Namun risiko terjebak macet juga tidak bisa dihindari. Kondisi lalu lintas yang padat ini juga berpotensi menyebabkan overheating pada mesin karena laju maju dan berhenti secara berulang. Apalagi mesin LCGC memiliki ruang bakar dengan piston yang kecil dan padat, sehingga jarak antar komponen di dalam mesin semakin rapat. Ini sebabnya pemilik mobil LCGC wajib memperhatikan jenis oli yang digunakan agar rapatnya komponen mesin dapat dilumasi secara maksimal.

Untuk itu, disarankan agar penggantian oli pelumas secara teratur untuk mesin LCGC. Sebab ketika mobil digunakan secara terus-menerus di suhu panas dan kondisi jalanan yang padat, diperlukan pelumas yang dapat memberikan perlindungan maksimal pada mesin dan mencegah terjadinya gejala overheat. Castrol GTX Ultraclean merupakan pelumas yang memahami kebutuhan untuk merawat mesin mobil LCGC, agar dapat selalu dalam performa terbaiknya.

Castrol GTX Ultraclean sendiri merupakan merek pelumas pertama dari Castrol yang diluncurkan kepada konsumen. Lebih dari 50 tahun, Castrol GTX Ultraclean terus menerus secara konsisten mengembangkan teknologi pelumas yang dapat melindungi mesin sehingga lebih awet dan lebih tahan lama. Tidak ketinggalan Castrol GTX Ultraclean juga merancang pelumas kendaraan untuk melindungi mesin LCGC yang membutuhkan performa oli tinggi.

Varian terbaru Castrol GTX Ultraclean dirancang secara khusus dengan teknologi terkini yang mampu memecah dan membersihkan lumpur mesin, 50% lebih baik dibandingkan dengan standar industri, sehingga risiko terjadinya endapan lumpur baru bisa dicegah. Castrol GTX Ultraclean dibuat khusus untuk kendaraan LCGC dalam ukuran 3,5L dengan harga sangat terjangkau.

Apapun tantangan yang dihadapi setiap kendaraan LCGC di jalan raya, dengan Castrol GTX Ultraclean bantu mobil lebih percaya diri untuk melibasnya. Buktikan sendiri sekarang juga, cari tahu info lebih lanjut dengan klik di sini.

(kly/tmi)