HOME » BERITA » BIAYA ADMINISTRASI PELAT NOMOR BARU LEBIH MAHAL?

Biaya Administrasi Pelat Nomor Baru Lebih Mahal?

Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) dengan desain baru yang mirip dengan pelat kedutaan sempat menjadi buah bibir netizen. Sebab desain tersebut muncul melalui akun instagram @polantasindonesia.

Rabu, 25 Juli 2018 22:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto: Instagram/polantasindonesia

OTOSIA.COM - Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) dengan desain baru yang mirip dengan pelat kedutaan sempat menjadi buah bibir netizen. Sebab desain tersebut muncul melalui akun instagram @polantasindonesia.

Foto desain pelat nomor baru tersebut hanya disertai keterangan bahwa pelat tersebut akan menjadi pengganti pelat yang saat ini berlaku tanpa periode kapan berlaku.

Menanggapi kabar tersebut, Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Bayu Pratama Gubunagi, mengatakan untuk kepastian kapan waktu pergantian pelat nomor kendaraan masih menunggu keputusan Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri. Pasalnya, saat ini memang masih dilakukan pengkajian lebih lanjut terkait pergantian pelat nomor ini.

"Selain warna dasar, nantinya juga bakal ada peningkatan terkait spsifikasi teknis, bahan atau material, dan juga cantnya. Namun, nanti kepastiannya masih menunggu arahan Korlantas Polri," jelas Kompol Bayu, kepada Liputan6.com, Rabu (25/7/2018).

Sementara itu, dengan peningkatan material pelat nomor kendaraan bermotor ini, apakah nantinya bakal ada kenaikan biaya administrasi?

"Untuk hal tesebut, bukan kapasitas saya untuk menjawab, tapi biaya TNKB tidak bisa naik sembarangan, seperti jual kacang goreng. Misalkan, kualitas lebih baik, harga naik ya? Tidak bisa begitu," tegasnya.

Kompol Bayu mengatakan, biaya TNKB memang sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 tahun 2016, tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

"Untuk TNKB kendaraan roda dua Rp 60 ribu, sedangkan untuk kendaraan roda empat Rp 100 ribu," tandasnya.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR