HOME » BERITA » BIAYA OPERASIONAL MOBIL LISTRIK LEBIH MURAH DIBANDING KENDARAAN KONVENSIONAL?

Biaya Operasional Mobil Listrik Lebih Murah Dibanding Kendaraan Konvensional?

Sebuah penelitian di Kanada mendapati bahwa biaya yang dikeluarkan untuk mobil listrik jauh lebih murah dibanding kendaraan konvensional.

Selasa, 04 Februari 2020 15:15 Editor : Cornelius Candra
Biaya Operasional Mobil Listrik Lebih Murah Dibanding Kendaraan Konvensional?
Mobil listrik (thedriven.io)

OTOSIA.COM - Tren mobil listrik di Indonesia memang masih belum terlalu berkembang. Tapi kendaraan ramah lingkungan itu bisa dibilang telah menjamur di beberapa belahan dunia, salah satunya Kanada.

Bahkan, mengutip dari Clean Technica, sebuah penelitian di Kanada menyatakan bahwa 96% pemilik mobil listrik tak akan kembali ke kendaraan bermesin konvensional.

1 dari 2 Halaman

Penelitian ini pun menemukan bahwa 75% pemiliki mobil listrik mengisi ulang daya baterai di rumah. Artinya, pembelian kendaraan ramah lingkungan itu tak bergantung pada fasilitas di tempat umum.

Mereka juga mendapati bahwa biaya operasional mobil listrik lebih murah dibanding kendaraan konvensional. Inilah yang membuat masyarakat di Kanada mulai meninggalkan mobil berbahan bakar fosil.

2 dari 2 Halaman

Untuk menempuh 24.000 km, mobil listrik hanya membutuhkan biaya sebesar USD546 atau Rp7,5 jutaan. Sedangkan pada kendaraan konvensional, uang yang dikeluarkan jauh lebih banyak, mencapai USD1.255, setara Rp17 jutaan (Kurs USD1 = Rp13.748).

Hal lain yang ditemukan penelitian ini adalah mobil listrik tidak memerlukan perawatan sebanyak kendaraan konvensional. Artinya, biaya yang dikeluarkan pun bisa ditekan sampai di bawah USD1.000, sekitar Rp13,7 jutaan per tahun.

BERI KOMENTAR