HOME » BERITA » MENCUCI MOTOR ITU BUKAN CUMA BIKIN MOTOR BERSIH, TAPI...

Mencuci Motor Itu Bukan Cuma Bikin Motor Bersih, Tapi...

Menjaga diri tetap produktif dan tetap bergerak itu penting untuk menjaga daya tahan tubuh, salah satunya adalah kegiatan mencuci motor sendiri.

Rabu, 01 April 2020 10:15 Editor : Nazarudin Ray
Mencuci Motor Itu Bukan Cuma Bikin Motor Bersih, Tapi...
Mencuci motor menjaga tubuh tetap bergerak dan sehat (Istimewa)

OTOSIA.COM - Imbauan pemerintah untuk berdiam diri di rumah dalam kondisi merebaknya virus corona Covid-19 tidak lantas menjadi alasan bagi masyarakat untuk bermalas-malasan. Mencuci sepeda motor adalah kegiatan yang bisa dilakukan saat Anda di rumah.

Bagi bikers, situasi ini dapat dimanfaatkan untuk bersih-bersih sepeda motor, misalnya dengan mencuci sepeda motor. Bisa dibilang ini merupakan bagian dari olah fisik.

Sebab, produktif dan bergerak itu penting untuk menjaga daya tahan tubuh, sehingga fisik selalu sehat dan terjaga dari penyakit.

1 dari 2 Halaman

Menurut Oke Desiyanto, Safety Riding Supervisor Astra Motor Jawa Tengah, aktivitas mencuci motor yang dapat dilakukan oleh bikers di pagi hari ini dapat memberi banyak manfaat. Selain untuk menjaga kebersihan tunggangan kesayangan, juga bermanfaat untuk kesehatan.

Kegiatan mencuci motor misalnya selama 15-20 menit dapat dikategorikan sebagai pergerakan ringan untuk menjaga tubuh tetap fleksibel dan berkeringat. Ini baik untuk kesehatan tubuh.

"Tangan dan kaki bergerak, ada juga gerakan jongkok dan berdiri yang dilakukan oleh bikers sebagai upaya untuk tetap produktif meskipun berada di dalam rumah," katanya.

Manfaat lainnya, dengan mencuci motor sendiri, bikers dapat semakin mengenal tunggangannya. Selain untuk perawatan, hal ini berfungsi mengenali awal kerusakan seperti karat, atau kebocoran oli pada sepeda motor. Dengan begitu, bikers dapat mengetahuinya lebih dini.

2 dari 2 Halaman

?Mencuci motor adalah salah satu tips dalam rangka pencegahan hal yang tidak diinginkan terjadi pada kendaraan. Selain sebagai langkah preventif, mencuci motor saat berdiam diri di rumah dapat menghilangkan kebosanan," imbuhnya.

Namun dia mengingatkan, ketika mencuci hindari membilas atau menyemprot bagian dalam mesin, yang terdapat terminal kelistrikan, apalagi ECU, CDI atau Accu (aki).

Kenali posisi komponen tersebut sebelum mencuci. Jika ingin terlihat bersih dapat diusap menggunakan lap sedikit basah hingga bersih.

Jadi buat para biker, mencuci bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghabiskan waktu dengan kegiatan produktif yang bermanfaat baik untuk dalam perawatan sepeda motor.

 

BERI KOMENTAR