HOME » BERITA » BIKIN BANGGA, DESAIN BATERAI KENDARAAN LISTRIK MAHASISWA UGM DIAKUI DUNIA

Bikin Bangga, Desain Baterai Kendaraan Listrik Mahasiswa UGM Diakui Dunia

Desain baterai kendaraan listrik Tim Arjuna Universitas Gajah Mada menyabet predikat Best Battery Design pada kompetisi internasional FSEV 2021.

Sabtu, 07 Agustus 2021 13:15 Editor : Nazarudin Ray
Bikin Bangga, Desain Baterai Kendaraan Listrik Mahasiswa UGM Diakui Dunia
Tim Mobil Listrik Arjuna Universitas Gajah Mada (UGM)

OTOSIA.COM - Soal kemampuan inovasi mahasiswa-mahasiswa Indonesia tidak kalah dengan mencanegara. Bahkan sejumlah prestasi gemilang pernah ditorehkan mahasiswa Indonesia di kejuaran-kejuaraan internasional mobil ramah lingkungan.

Kali ini kabar membanggakan datang dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Tim Mobil Listrik Arjuna UGM berhasil meraih predikat Best Battery Design, 3rd Place Team Management Report, serta menjadi finalis di kategori Software and Intelligence Integration pada kompetisi internasional 5th Annual FSEV Concept Challenge (FSEV ) 2021.

1 dari 3 Halaman

Pada kompetisi yang diselenggarakan di India tersebut berlangsung secara daring dari 30 Juli 2021 sampai 4 Agustus 2021 dan diikuti oleh 31 tim dari India, Turki, dan Indonesia

"Hal ini membuktikan bahwa generasi muda Indonesia mampu ikut dalam peradaban perkembangan mobil listrik dunia," ujar Inherenta Muhammad Amarutsli, Ketua Generasi ke-9 tim Arjuna UGM.

Untuk mendapat pengakuan desain baterai terbaik butuh perjuangan keras. Tim harus memberikan tujuan yang jelas untuk kebutuhan tenaga dan energi kendaraan, termasuk proses penyusunan baterai yang ringkas dan keamanannya.

2 dari 3 Halaman

Keamanan dalam sistem menjadi sorotan dalam desain yang dibuat atas pemilihan material, integrasi Battery Management System (BMS), serta pemilihan komponen kelistrikan yang baik.

Menurut Muhammad Raihan Hilmy, Ketua Tim Arjuna, tujuan awal mengikuti kompetisi tahunan kedua ini ialah untuk mendapatkan banyak pengalaman dari kompetisi ini, sehingga tim dapat mematangkan persiapan serta konsep desain mobil yang akan dibuat pada tahun depan.

3 dari 3 Halaman

Kompetisi kelima kalinya oleh Curiosum Tech Private Limited di bawah nama Formula Bharat India tersebut bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengkonsep dan mendesain Formula Student Electric Vehicle Powertrain Package serta menguji pemahaman sistem manajemen dalam industri mobil listrik.

Kejuaraan tersebut melombakan 6 kategori, yakni Failure Modes and Effect Analysis (FMEA) Report, Procurement Strategy Report, Team Management Report, Software Integration Report, Design Specification Sheet Report (DSS), serta Engineering Design Presentation (EDP).

Sebelum pandemi, Tim Arjuna UGM setiap tahun rutin mengikuti kompetisi internasional Japan Formula Society Automotive Engineer (FSAE) di Prefektur Shizuoka, Jepang. Namun, akibat penyebaran virus corona, kompetisi tersebut membatasi peserta hanya dari dalam negeri Jepang.

BERI KOMENTAR