HOME » BERITA » BIKIN MOBIL KINCLONG, KETAHUI BEDA PELAPIS FILM DAN POLES COATING

Bikin Mobil Kinclong, Ketahui Beda Pelapis Film dan Poles Coating

Memberikan perlindungan untuk bodi mobil cukup penting agar mobil terlihat tetap menawan. Selain mengaplikasikan coating, kini pemilik mobil juga bisa mengaplikasikan film untuk bodi mobil.

Minggu, 21 Juli 2019 15:15 Editor : Dini Arining Tyas
Bikin Mobil Kinclong, Ketahui Beda Pelapis Film dan Poles Coating
Menjaga tampilan bodi mobil kini bisa memakai film (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Membuat mobil jadi kinclong beragam cara dilakukan pemilik kendaraan. Mulai dari memberikan pelapis wax hingga poles nano ceramic.

Namun sejalan perkembangan teknologi, kaca film kini tidak hanya digunakan untuk kaca mobil atau penolak sinar UV, tapi bisa diaplikasikan untuk melindungi bodi bodi, sehingga cat terlihat mengkilat dan bersih.

Pada GIIAS 2019, PT Jaya Kreasi Indonesia memperkenalkan Uniglobe Paint Protection Film (PPF), sebuah kaca film yang melindungi cat mobil, membuat kinclong, dan anti kusam. Selain itu pelapis film ini dapat diaplikasikan untuk head lamp atau lampu depan.

"Ini adalah kaca film yang dipasangkan bukan pada kaca mobil, tetapi diaplikasi pada seluruh bodi mobil, sehingga cat original dari mobil anda akan terlindungi selama masa pakai," ujar Sales & Marketing Manager PT Jaya Kreasi Indonesia, Herrys Winata.

Menurut Harrys, Uniglobe Paint Protection film punya tingkat transparansi film yang tinggi, menjaga kilap warna mobil, material high polymer polyurethane yang sangat fleksibel dan kuat, serta menghilangkan rasa khawatir warna akan berubah menjadi kekuningan (yellowing) pada material film.

"Pelapis film ini melindungi mobil dari warna kusam atau menjadi kekuning-kuningan, anti air seperti daun talas atau water repellence, memperbaiki permukaan film setelah tergores atau self healing. Bisa melindungi cup handle, misalnya orang pakai cincin atau kuku panjang tidak sengaja bikin gores handle pintu, maka pakai kaca film ini itu tidak terjadi," terangnya.

Pihaknya memberi garansi selama lima tahun jika cacat produksi dan kesalahan pemasangan, seperti terjadinya noda-noda, masuk debu atau pasir.

"Yang tidak digaransi adalah pemakaian, seperti tabrakan. Kalau pengok atau ringsek kan tidak mungkin kami garansi," tegasnya.

1 dari 1 Halaman

Perbedaan dengan Coating

Bikin Mobil Kinclong, Ketahui Beda Pelapis Film dan Poles CoatingPerbedaan dengan Coating

Uniglobe paint protection film memberi diferensiasi produk, dari produk-produk sejenis yang telah ada dipasaran antara lain film dipotong dengan menggunakan Precision Cutting System (PCS) Machine sesuai dengan pola (pattern) bodi mobil yang akan dipasangkan PPF, tidak membutuhkan tambahan coating chemical.

Tidak ada perawatan khusus, asal cuci mobilnya tidak menggunakan zat kimia berbahaya yang tidak diperuntukkan buat mobil, seperti diterjen. Shampo khusus mobil secara chemical tidak masalah, katanya.

Harrys melanjutkan, asalkan mobil masih menggunakan cat original. Sebab, kandungan asam yang tinggi bisa membuat cat terkelupas jika film dilepas.

Lantas apa bedanya dengan poles mobil biasa atau coating?

Uniglobe Paint Protection Film elastis tidak tebal, bentuk materialnya adalah lembaran film. Kalau coating itu materialnya adalah cairan chemical yang digosokan ke mobil dan secara lama akan mengkristal menyatu dengan bodi mobil. Tapi dia setiap tahun ada penambahan coating yang terkelupas. Tapi lembaran film yang dipasang di bodi mobil bisa terpasang selama 5 tahun, paparnya.

Uniglobe Paint Protection Film dapat diaplikasikan untuk semua jenis mobil, mulai dari city car, sedan, MPV, hingga SUV. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 30 juta sampai Rp 50 juta, tergantung dengan jenis dan ukuran mobil.

Ada juga paket ekonomis. Misalnya film hanya dipakai pada kap mesin saja, pintunya saja atau bagian sampingnya saja, tutup Harrys.

BERI KOMENTAR