HOME » BERITA » BIKIN OLI, SEPERTI INI CARANYA

Bikin Oli, Seperti Ini Caranya

Pembuatan pelumas yang seperti juga digunakan pada mesin-mesin kendaraan secara general merupakan proses yang sederhana. Shofwatuzzaki, Shell Lubricants Technical Advisor Indonesia, mengibaratkannya seperti membuat secangkir kopi.

Rabu, 25 Oktober 2017 14:45 Editor : Ahmad Khoirudin
Foto: Nazar Ray

OTOSIA.COM - Pembuatan pelumas yang seperti juga digunakan pada mesin-mesin kendaraan secara general merupakan proses yang sederhana.

Shofwatuzzaki, Shell Lubricants Technical Advisor Indonesia, mengibaratkannya seperti membuat secangkir kopi.

"Sebenarnya mirip seperti bikin kopi, cuma produksinya aja yang berbeda. Jadi kalau bikin kopi ada kopi dan ada gula, dan ada pula creamer. Demikian juga dalam hal produksi oli kami di Marunda," kata pria yang biasa disapa Zaki ini.

Ketersediaan bahan baku menjadi tahap awal kemudian dilanjutkan dengan pencampuran.

"Prosesnya sama dari kami mulai memperoleh raw material, dari base oil, aditif, dan komponen lain. Proses selanjutnya adalah pencampuran atau blending," ujarnya.

Bedanya, untuk pabrik Shell Marunda, mereka punya tahapan lain seperti kepastian produk tidak terkontaminasi melalui sebuah sistem.

"Ini memastikan semua produk kami bebas kontaminasi. Jadi semua produk kami sudah sesuai dengan formula yang ditentukan," ujarnya seraya menyebut adanya kontrol juga terhadap pengemasan.

(kpl/why/rd)

BERI KOMENTAR