HOME » BERITA » BINGUNG MENENTUKAN BAN YANG SESUAI? INI TIPS MEMILIH BAN MOBIL

Bingung Menentukan Ban yang Sesuai? Ini Tips Memilih Ban Mobil

Peran ban sebagai komponen pendukung utama mobil sangatlah sangat krusial. Pemilihan ban dinilai tidak bisa sembarangan. Jika salah menggunakan ban atau ban tidak sesuai dengan spesifikasi mobil tentulah sangat berbahaya.

Sabtu, 12 Januari 2019 11:45 Editor : Ahmad Muzaki
Ilustrasi ban mobil (insuranceofficesltd.com)

OTOSIA.COM - Peran ban sebagai komponen pendukung utama mobil sangatlah sangat krusial. Pemilihan ban dinilai tidak bisa sembarangan. Jika salah menggunakan ban atau ban tidak sesuai dengan spesifikasi mobil tentulah sangat berbahaya.

Salah-salah memilih ban, justru dapat menjadikan faktor utama kecelakaan. Menurut Theonanta Pardede selaku Marketing Team Asia Pasifik Hankook Tire, ada beberapa poin utama yang dapat menjadi acuan ketika memilih ban mobil. Menurutnya ada 3 poin utama dalam menentukan pilihan ban, yaitu:

Tips memilih ban dari Theonanta Pardede (Otosia.com/Muhammad Ikbal)

1. Jenis Mobil

Menurutnya jenis mobil adalah poin pertama ketika memilih suatu ban. Jenis mobil merupakan cerminan dari bobot mobil. Menurutnya, jika mobil tersebut berjenis SUV tentu sangat tidak dianjurkan menggunakan ban city car atau sedan, begitupun sebaliknya.

"Tentu berbahaya, karena ban khusus city car pasti dipersiapkan untuk mobil berbobot city car. Sebaliknya, jika mobil city car menggunakan ban SUV tentu akan menjadi boros bahan bakar, karena ban SUV pasti berukuran besar dan membuat bobot bertambah berat sehingga membutuhkan tenaga dalam memutar roda" ungkap Theo.

2. Gaya Berkendara

Banyak orang mengabaikan gaya berkendara ke pemilihan ban mobil. Setiap orang memiliki gaya berkendara yang berbeda-beda.Jika penggunaan ban yang tidak sesuai dengan gaya berkendara pemiliknya tentu akan menimbulkan beberapa kerugian.

"Misal orang ini doyan ngebut, tapi mobilnya menggunakan ban berkarakter ECO Tire, tentu jadi tidak maksimal si ECO Tire nya dan secara performa juga kurang baik. Begitu sebaliknya, jika pemiliknya gaya berkendaranya santai jarang ngebut, yaa lebih baik pake ban ECO Tire karena lebih bermanfaat dan pas secara karakter berkendara," jelas Theo.

Hankook Tire (Otosia.com/Muhammad Ikbal)

3. Jalan Yang Dilalui

Faktor lain dalam memilih ban mobil yaitu menyesuaikan antara ban dan jalan yang sering dilalui. Karena kontur jalan di perkotaan besar dengan di daerah apalagi pedalaman pasti sangat berbeda.

"makanya kita itu menyediakan berbagai pilihan ban. Jadi kalo seringnya lewat jalan aspal atau tol bisa menggunakan ban Ventus Prime 3, Kinergy ECO 2 atau Optima. Tapi kalo tinggalnya dan sering lewat jalanan tanah, bebatuan atau pasir yaa lebih baik menggunakan ban Dynapro MT2" tutup Theo.

Dia juga menambahkan saat ini pihak Hankook juga akan terus mengedukasi para teknisi atau distributor dari Hankook Tire terkait tiga poin pemilihan ban, sehingga ketika konsumen bertanya dan meminta pendapat, para teknisi dan distributornya dapat menjawab pertanyaan tersebut dengan tepat.

(kpl/ikb/ahm)

BERI KOMENTAR