HOME » BERITA » BISA DILAKUKAN SENDIRI, BEGINI CARA MENDETEKSI KABEL BUSI MOBIL YANG BOCOR

Bisa Dilakukan Sendiri, Begini Cara Mendeteksi Kabel Busi Mobil yang Bocor

Mengetahui kabel busi mobil yang bocor cukup penting, agar bisa meminimalisir kerusakan lebih parah

Sabtu, 03 April 2021 16:15 Editor : Ahmad Muzaki
Bisa Dilakukan Sendiri, Begini Cara Mendeteksi Kabel Busi Mobil yang Bocor
Ilustrasi servis mobil (thestar.com)

OTOSIA.COM - Seperti yang telah diketahui, busi menjadi komponen penting pada kendaraan bermotor, termasuk mobil. Oleh karena itu, pemilik mobil harus selalu mengecek kondisinya. Sehingga performa dari komponen ini tetap prima.

Salah satu permasalahan yang kerap dijumpai pada komponen ini adalah kabel bocor. Jika sudah begini, performa mesin mobil akan terganggu.

Lantas bagaimana cara mendeteksi kabel busi mobil yang bocor? Melansir laman Suzuki Indonesia, berikut ini ulasan lengkapnya.

1 dari 4 Halaman

1. Periksa Mulai dari Dalam Kabin

Cara pertama adalah mengecek speaker yang ada di dalam kabin mobil. Jika kabel busi bocor, biasanya akan memengaruhi suara yang dihasilkan speaker. Suara menjadi mendengung dan apabila putaran mesin tinggi, maka suara mendengung akan tinggi pula.

2 dari 4 Halaman

2. Cek Kabel dengan Multitester

Cara berikutnya adalah dengan memerhatikan angka yang tertera pada kabel sesuai dengan kemampuan ketahanannya. Lakukan terlebih dahulu uji ukur pada semua bagian kabel. Jika angka yang tertera tinggi, maka bagian tersebut mengalami kerusakan.

3 dari 4 Halaman

3. Membuka Kap Mesin

Cara ini terbilang cukup mudah untuk mendeteksi kebocoran busi. Caranya dengan membuka kap mesin, namun pastikan lebih dulu bahwa mesin dalam kondisi menyala. Lakukan hal ini di tempat yang sedikit cahaya agar mudah mendeteksi loncatan api.

4 dari 4 Halaman

4. Lihat Hasil Emisi

Untuk memastikan bocor atau tidaknya kabel busi, cara yang bisa dilakukan adalah dengan melihat hasil emisi mesin. Hasil pembakaran akan memberikan tanda tertentu sebagai indikasi kerusakan kabel. Biasanya perbedaan hasil emisi akan terlihat pada perbandingan jumlah kadar gas pada mesin.

Jika terjadi kebocoran kabel, maka akan ditemukan perbandingan yang tidak tepat antara gas karbon dan oksigen. Kabel busi bocor akan menghasilkan gas karbon yang meningkat dan oksigen lebih sedikit.

BERI KOMENTAR