HOME » BERITA » BISA DIPAKAI BAYAR TOL, INI BIAYA BIKIN SMART SIM

Bisa Dipakai Bayar Tol, Ini Biaya Bikin Smart SIM

Kualitas Smart SIM ditingkatkan, itu artinya lebih baik ketimbang SIM model sebelumnya. Lalu adakah kenaikan tarif pembuatan Smart SIM?

Senin, 23 September 2019 17:15 Editor : Dini Arining Tyas
Bisa Dipakai Bayar Tol, Ini Biaya Bikin Smart SIM
Smart SIM (NTMC Polri)

OTOSIA.COM - Smart SIM sudah resmi diluncurkan, berbarengan dengan HUT Korlantas Polri, Minggu (22/9/2019) kemarin. Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri menegaskan tak akan ada biaya tambahan untuk pembuatan Smart SIM.

Artinya, tarifnya masih sama dengan sebelumnya. Tarif pembuatan SIM mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

"Tidak ada perubahan. Semua mengacu pada PP 60. Yang ada peningkatan kualitas," jelas Refdi, dikutip dari laman NTMC Polri.

Berdasarkan peraturan tersebut, biaya pembuatan SIM A sebesar Rp 120 ribu, SIM C Rp 100 ribu, serta SIM B1 Rp 120 ribu. Sedangkan perpanjangan SIM A sebesar Rp 80 ribu, SIM C Rp 75 ribu, dan SIM B1 Rp 80 ribu.

1 dari 1 Halaman

Baru Diterapkan di Kota Besar

Bisa Dipakai Bayar Tol, Ini Biaya Bikin Smart SIMBaru Diterapkan di Kota Besar

Sementara waktu, menurut Refdi, Smart SIM baru bisa diperoleh masyarakat yang tinggak di kota-kota besar Indonesia. Distribusi menyeluruh secara nasional akan dilakukan secara bertahap.

"Smart SIM mulai diterapkan di seluruh ibu kota provinsi di Indonesia," tambahnya.

Sedangkan Polres sebagai pihak penyelenggara pembuatan SIM pada tingkat kota tau kabupaten, bisa memanfaatkan material lama, sembari menunggu distribusi Smart SIM.

 

BERI KOMENTAR