HOME » BERITA » REKAM MOBIL LUAR-DALAM, KAMERA INI BISA PECAHKAN MASALAH KECELAKAAN

Rekam Mobil Luar-Dalam, Kamera Ini Bisa Pecahkan Masalah Kecelakaan

Dalam berkendara, kita tidak bisa lepas dari efek perilaku buruk pengendara lain

Jum'at, 06 Maret 2020 21:15 Editor : Ahmad Muzaki
Rekam Mobil Luar-Dalam, Kamera Ini Bisa Pecahkan Masalah Kecelakaan
Kamera mobil depan-belakang Blackvue (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Dalam berkendara, kita tidak bisa lepas dari efek perilaku buruk pengendara lain. Di sisi lain, tekanan saat berlalu lintas terkadang justru menimbulkan sikap sebaliknya.

Misalnya asal potong jalan, senggolan karena sikap masa bodoh dengan pengendara lain, hingga emosi yang berhubung petaka. Yang kerap dijadikan PR berikutnya adalah menentukan siapa yang salah, dan menghindari kejadian serupa di masa depan.

Jika bicara bisnis yang melibatkan pengemudi eksternal untuk kendaraan komersial, pengemudi ataupun pengendara lain sama-sama bisa menjadi penyebab suatu masalah. Namun penentuannya kadang hanya berujung debat kusir.

1 dari 3 Halaman

Di sinilah menariknya solusi berupa merekam segala kejadian di perjalanan. Namun bukan hanya apa yang terjadi di depan, tetapi juga di dalam.

"Untuk kendaraan niaga, rekam ke depan ini penting. Kenapa? Kalau ada kejadian kecelakaan, pasti mereka akan jadikan itu barang bukti, juga sinkronisasi apakah sopir bekerja dengan benar atau tidak. Untuk mobil komersial ini ada rekam depan dan belakang. Rekam belakang ini untuk kabin, melihat sopirnya. Jadi rekam dua-duanya, di depan terjadi apa dan di dalam terjadi apa," kata Rudy, Direktur Pemasaran PT Whiteeast Indonesia saat di temui di boothnya di pameran GIICOMVEC.

Whiteeast yang memasarkan kamera mobil depan-belakang Blackvue ini membuat kamera semacam itu untuk kendaraan komersial. Salah satu tujuannya adalah analisis untuk perbaikan di masa mendatang.

"Karenanya bisa analisis dari situ kesalahannya ada di mana dan antisipasi ke depannya mesti bagaimana," kata dia.

2 dari 3 Halaman

Andaikata kasusnya pelaku bergerak cepat usai misalnya melakukan tabrak lari, salah satu tipe kamera Blackvue ini bahkan memungkinkan perekaman gambar pelat nomor pelaku. Sebab, kamera tersebut berkualitas tinggi hingga 4K.

"Artinya kalau misalnya ada tabrak lari, bisa zoom dan pelat nomor kendaraan bisa jelas," tambah Rudy.

Tipe kamera 4K yang dimaksudkannya ini adalah Blackvue DR900S-2CH IR. Alat tersebut memiliki 2 kamera untuk merekam ke arah depan dan dalam kabin.

3 dari 3 Halaman

Kamera depan memiliki kualitas rekaman 4K, yang bisa diperbesar 4 kali dibandingkan kamera umumnya dan memiliki fungsi HDR untuk memastikan kualitas rekaman tetap terjaga walaupun terkena silau matahari.

Sementara, kamera Kabin dilengkapi dengan Infrared untuk memastikan rekaman tetap jelas walaupun di kabin gelap total.

Blackvue DR900S-2CH IR dijual dengan harga Rp7.700.000 dan hadir di atas 3 tipe lainnya di jajaran kamera untuk mobil komersial. Tipe lainnya adalah DR750S-2CH IR berharga Rp5.690.000, DR590W-2CH IR Rp4.290.000, dan DR590-2CH IR Rp3.690.000.

BERI KOMENTAR