HOME » BERITA » BISAKAH ABS YAMAHA FREEGO DIPASANG DI MIO?

Bisakah ABS Yamaha FreeGo dipasang di Mio?

Yamaha FreeGo menjadi skutik Indonesia pertama yang mengaplikasikan rem ABS. Bisakah teknologi tersebut dipasang pada Yamaha Mio?

Selasa, 13 November 2018 07:45 Editor : Cornelius Candra
Yamaha FreeGo (Yamaha)

OTOSIA.COM - Skutik 125cc pertama di Indonesia yang menggunakan rem ABS adalah Yamaha FreeGo. Fitur tersebut diklaim mampu membantu para pengendara pemula.

Lantas muncul pertanyaan, apakah pemilik skutik Yamaha Mio bisa memasang ABS di skutiknya? Menanggapi hal tersebut, M. Abidin GM Aftersales Service & Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing angkat bicara.

"Motor skutik Mio tak bisa dipasang dengan sistem ABS milik FreeGo, karena ECU-nya berbeda," ungkap Abidin kepada wartawan Liputan6.com saat sesi test ride Yamaha R25 dan FreeGo.

ECU yang mampu membaca sistem pengereman ABS dinilai lebih kompleks. Sistem keselamatan ABS memiliki sensor khusus untuk membaca roda, sehingga roda tidak slip saat hard braking.

Abidin mengakui untuk menyematkan sistem ABS pada motor memang membutuhkan biaya yang cukup signifikan. Sebagai perbandingan, Yamaha FreeGo S non ABS dibanderol Rp 19,7 juta, sedangkan FreeGo S ABS dibanderol Rp 22,5 juta. Perbedaannya Rp 2,8 juta.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR