HOME » BERITA » BOCORAN DETAIL DAIHATSU TAFT ANYAR YANG DIRILIS PERTENGAHAN 2020

Bocoran Detail Daihatsu Taft Anyar yang Dirilis Pertengahan 2020

Daiahtsu Taft Concept debut saat Tokyo Auto Salon 2020. Mobil itu kabarnya akan diluncurkan pada pertengahan tahun 2020 mendatang.

Sabtu, 11 Januari 2020 11:15 Editor : Dini Arining Tyas
Bocoran Detail Daihatsu Taft Anyar yang Dirilis Pertengahan 2020
Daihatsu Taft Concept (Daihatsu Jepang)

OTOSIA.COM - Orang Indonesia sudah tak asing lagi dengan nama mobil Daihatsu Taft. Kini Daihatsu di Jepang juga tengah memamerkan mobil konsep Taft versi teranyar di Tokyo Auto Salon 2020.

Sayangnya, ternyata Taft dengan desain unik itu bukanlah versi Taft yang sudah dikenal baik oleh orang Indonesia, atau Daihatsu Crokan 4WD jika di negara asalnya. Taft terbaru ini adalah mobil corssover ringan.

Nama Taft sendiri sebetulnya adalah akronim dari Tough & Almaighty Fun Tool. Dalam sebuah wawancara dengan Bestcarweb.jp, ECD Studio Manager (Daihatsu Design Departement's First Design Room), Toshio Shibagaki yang mendesain Taft Concept membeberkan poin-poin penting dari desain mobil konsep unik itu.

1 dari 3 Halaman

Bocoran Detail Daihatsu Taft Anyar yang Dirilis Pertengahan 2020

Menurutnya, Taft Concept memang didesain untuk menunjukkan kesan tangguh dan berani. Seperti identitas mobil crossover, yang bisa dipakai di perkotaan maupun pinggiran kota.

Jika melihat pada gelaran otomotif sebelumnya di Jepang, Tokyo Motor Show 2019, Daihatsu juga memamerkan empat mobil konsep yang tak kalah menarik. Sekilas guratan Taft Concept mengingatkan dengan mobil konsep WakuWaku.

"WakuWaku punya garis bodi seperti Suzuki Jimny, tapi Taft dihadirkan untuk berkompetisi dengan Hustler," kata Shibagaki.

Secara keseluruhan, Taft Concept memiliki dimensi 3.395 mm x 1.475 mm x 1.630 mm. Dimensi itu disebut lebih besar ketimbang Hustler, dengan dimensi 3.395 mm x 1.475 mm x 1.630 mm.

2 dari 3 Halaman

Bocoran Detail Daihatsu Taft Anyar yang Dirilis Pertengahan 2020

Namun, Shibagaki menjelaskan bahwa Taft Concept lebih memiliki citra tangguh ketimbang Hustler. "Aku pikir itu akan menjadi karakter antara Jimny dan Hustler," tambahnya.

Sekali lagi, Shibagaki menekankan poin kesan tangguh bagi Taft. Kesan itu disebutnya menguar dari fender besar yang terbuat dari resin.

"Lihtlah fender depan dan ban. Saya memakai ban sepanjang musim, tapi ada lekukan di bagian depan spatbor sehingga tapak di depan ban bisa terlihat. Mungkin, tidak ada mobil yang memiliki tapak di depan ban sejau ini di mobil komersial," jelas Shibagaki.

3 dari 3 Halaman

Bocoran Detail Daihatsu Taft Anyar yang Dirilis Pertengahan 2020

Selain eksterior, tampaknya interior Taft konsep sudah matang. Sehingga bisa segera masuk lini produksi. Interiornya diberi aksen warna oranye dengan desain balok LEGO yang menarik.

Versi yang dipamerkan ini menggunakan mesin 660cc turbo yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis CVT. Kemungkinan, mesin Naturally Aspirated dan penggerak 4WD juga akan tersedia.

Taft baru ini akan diluncurkan pada pertengahan 2020. Best Car Web memperkirakan harga jualnya akan setara dengan Hustler baru, mulai JPY 1.280.400 atau Rp 160,9 jutaan (Kurs JPY 1 = Rp 125).

BERI KOMENTAR