HOME » BERITA » BOLEH MENYETIR, PEREMPUAN SAUDI ARABIA MULAI GABUNG KOMUNITAS MOTOR

Boleh Menyetir, Perempuan Saudi Arabia Mulai Gabung Komunitas Motor

Rabu, 15 Agustus 2018 21:45 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Rideapart

OTOSIA.COM - Akhir Juni 2018 menjadi titik balik kemerdekaan bagi perempuan di Arab Saudi. Sebelumnya, perempuan di Arab Saudi tak diizinkan untuk mengendarai kendaraan bermotor sendiri.

Namun akhirnya, para perempuan ini diizinkan mengemudi mobil ataupun motor. Dengan izin ini, maka banyak perempuan di Saudi Arabia yang mulai mengambil kelas mengemudi dan memproses lisensi menyetir.

Kabar terbaru adalah tentang komunitas motor Harley Davidson perempuan. Seperti melansir Rideapart, komunitas Ladies of Harley Riyadh Chapter itu terdiri dari 8 perempuan.

"Beberapa perempuan sudah mendatangi kami untuk bertanya tentang belajar dan membeli motor ini," ujar Trading Manager Harle-Davidson Saudi flagship store, Marwn Al-Mutlaq.

Lima diantaranya sudah mendatangi toko untuk membeli peralatan berkendara, seperti baju.

Namun demikian, perempuan di Saudi Arabia masih harus mendapatakan izin dari laki-alaki untuk mendapatkan lisensi. Kabar gembiranya adalah, tak akan ada pelat nomor yang membedakan antara perempuan dan laki-laki.

Hanya saja untuk pakaian berkendara, masih tetap menganut aturan sebelumnya. Jika sedang berada di institusi pendidikan berkendara, para perempuan ini diizinkan untuk menggunakan celana jeans termasuk rompi keselamatan. Sebaliknya, jika sedang berada di wilayah publik mereka tetap menggunakan abaya.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR