HOME » BERITA » BOLEHKAH BAN MOBIL DIPASANG DI MOTOR?

Bolehkah Ban Mobil Dipasang di Motor?

Bagi para pecinta kaki-kaki gambot, bukan tak mungkin memasangkan ban mobil di motor.

Selasa, 25 Februari 2020 17:15 Editor : Cornelius Candra
Bolehkah Ban Mobil Dipasang di Motor?
Ban motor (Motorcycle USA)

OTOSIA.COM - Aliran modifikasi di dunia roda dua kian berkembang. Bahkan, tak sedikit para builder yang memasang ban mobil agar sektor kaki-kaki tampak lebih gambot.

Ternyata, hal itu sangat dilarang. Ini diungkapkan langsung oleh T. J. Tennent, Bridgestone Tires Engineering Manger dalam RideApart.

1 dari 2 Halaman

"Ban mobil Bridgestone dan ban motor Bridgestone sangat berbeda dan didesain untuk keperluan yang berbeda. Ada perbedaan di kompon serta penunjang traksi," ujarnya.

"Area yang bersentuhan pada ban motor lebih besar dibanding mobil. Ketika hujan, pembuangan air pada ban mobil lebih sedikit dan itu justru berbagaya," tambah Tennent.

2 dari 2 Halaman

Bagi Otolovers yang gemar turun ke sirkuit, jangan sekali-sekali memutar sisi roda. Biasanya, hal ini dilakukan lantaran 1 bagian, baik kanan atau kiri masih tebal.

"Itu jelas sangat berbahaya. Ban motor dirancang untuk berputar searah, ditandai panah di dinding ban. Anda bisa mengalami kecelakaan karena material ban mulai mengelupas dan tapaknya terlepas," jelas Tennent.

BERI KOMENTAR