HOME » BERITA » BR-V, MOBILIO DAN HR-V MASIH MENJADI BACKBONE PENJUALAN HONDA

BR-V, Mobilio dan HR-V Masih Menjadi Backbone Penjualan Honda

Kamis, 14 Juli 2016 11:15 Editor : Fajar Ardiansyah
Honda (foto: OTO)

OTOSIA.COM - Kondisi penjualan mobil Honda pada tahun ini sudah mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun 2015. Hal ini diperkuat dengan hasil peraihan angka penjualan wholesales selama bulan Januari hingga Juni 2016 sebanyak 109.662 unit atau naik 35% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu yang tercatat hanya 81.407 unit. Prestasi ini turut mendapatkan dukungan dari berbagai produk backbone Honda seperti BR-V, HR-V dan Mobilio serta peluncuran model terbaru pada bulan April lalu.

Ketiga model tulang punggung tersebut, jika lebih mendalam memberikan kontribusi sebagai berikut. Dimulai dari pemberi sumbangan terbesar yakni Low Sport Utility Vehicle (LSUV), Honda BR-V dengan angka akumulasi selama 6 bulan terakhir 29.347 unit. Lalu pada urutan kedua ditempati oleh model Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) Honda, Mobilio dengan jumlah koleksi angka penjualan 23.705 unit dan tidak ketinggalan Crossover Honda, HR-V yang berkapasitas mesin 1.5L dengan total penjualan sebanyak 20.027 unit.

Dengan kehadiran jajaran line-up terlaris ini, produsen otomotif berlambang huruf 'H' berhasil memperkecil ketinggalan volume dengan Daihatsu, yang tidak pernah mau menyerah untuk mempertahankan posisi keduanya di kancah persaingan mobil di Indonesia. Ya, sempat beberapa saat Honda berhasil menggesernya namun karena jarak angkanya yang terlalu dekat, maka Daihatsu dapat merebutnya kembali.

Bila diperhatikan dari keseluruhan produk backbone Honda ini didominasi oleh mobil dengan kemampuan daya tampung 7-penumpang, yang artinya konsumen masih memandang persoalan akomodasi kabin sebagai urutan teratas. Musababnya, dua model terlaris ini, BR-V dan Mobilio sudah memenuhi hal tersebut dengan perbedaan daerah pemakaian. Seperti BR-V yang memiliki ground clearance lebih tinggi, menyesuaikan genetikanya sebagai SUV dan Mobilio yang lebih merendah seperti mobil keluarga lainnya.

Sedangkan di segmen crossover, karena hanya sedikitnya pilihan di dalam kelas tersebut maka Honda dapat dengan mudah merebut perhatian pelanggan dengan desain bodi yang dinamis dan nuansa interior yang modern. Perlu ditambahkan juga bahwa selain menggendong mesin bensin 1.5L, HR-V pun diniagakan dalam varian depot tenaga 1.8L dengan banderol harga yang lebih tinggi tentunya.

(kpl/prl/fjr)

BERI KOMENTAR