HOME » BERITA » BRIDGESTONE CIPTAKAN BAN KHSUSUS MOBIL LISTRIK HEMAT BATERAI

Bridgestone Ciptakan Ban Khsusus Mobil Listrik Hemat Baterai

Bridgestone menciptakan ban Turanza Eco khusus mobil listrik. Ban ringan ini diklaim menghemat baterai dan memperpanjang jarak tempuh.

Kamis, 13 Agustus 2020 22:15 Editor : Nazarudin Ray
Bridgestone Ciptakan Ban Khsusus Mobil Listrik Hemat Baterai
Ban Turanza Eco dipasang di mobil listrik Volkswagen ID.3 (Bridgestone)

OTOSIA.COM - Tren mobil listrik global sudah terjadi sejak bebebrapa tahun lalu. Berbeda dengan Indonesia, kendaraan listrik sudah menjadi hal lumrah di negara-negara maju, baik di Eropa, Jepang hingga Amerika.

Peminat mobil listrik di Eropa meningkat sebesar 58% di kuartal pertama tahun 2020 dengan jumlah penjualan mencapai 220 ribu unit. Kesadaran masyarakat akan manfaat mobil listrik terhadap lingkungan rupanya membuat penjualannya terus meningkat.

Merespon tren mobil listrik, pabrikan ban terkemuka Jepang, Bridgestone merilis ban ringan Ban Turanza Eco. Ban ini untuk pertama kalinya dirancang khusus bagi mobil listrik Volkswagen ID.3.

Turanza Eco merupakan ban pertama yang memiliki bahan baku lebih sedikit dari biasanya. Dengan Teknologi ENLITEN yang ramah lingkungan, membuat ban Turanza Eco memiliki hambatan gulir yang lebih rendah.

1 dari 2 Halaman

Ban dengan Teknologi ENLITEN diklaim mampu menghemat bahan bakar atau baterai hingga 20% dibandingkan dengan ban musim panas premium lainnya. Hal ini setara dengan penggunaan bahan baku yang 2 kg lebih ringan dibandingkan dengan kebutuhan bahan baku ban regular lainnya.

Teknologi ban tersebut berkontribusi pada kondisi mesin saat pembakaran hingga konsumsi bahan bakar dan emisi CO2. Selain itu secara signifikan menghemat pemakaian baterai pada mobil listrik, sehingga pengemudi ID.3 dapat menikmati perjalanan lebih jauh.

"Pengurangan hambatan gulir yang signifikan dengan adanya teknologi ini, memberikan efek yang sangat besar pada daya baterai ID3, dimana hal ini sangatlah penting. Diitambah saat ini banyak pihak yang menanyakan daya tempuh mobil listrik," kata Karten Schebsdar, Head of Chassis Development Volkswagen.

2 dari 2 Halaman

Selain dari kelebihan teknologi di atas. Keselarasan antara material-material yang digunakan dan proses pencampuran bahan baku unik meningkatkan performa kompon tanpa mengenyampingkan pentingnya daya cengkram.

Kedua hal tersebut dikombinasikan dengan pola telapak tiga dimensi yang memaksimalkan kinerja saat berada di permukaan basah dan kering.

"Teknologi ENLITEN dapat membantu mengubah persepsi orang tentang visibilitas dari mobilitas. Ini merupakan teknologi yang sangat inovatif,? tutup Karten Schebsdar.

BERI KOMENTAR