HOME » BERITA » BUANG ROKOK DI JALAN SAAT NYETIR, PENGEMUDI DIDENDA RP8 JUTA

Buang Rokok di Jalan Saat Nyetir, Pengemudi Didenda Rp8 Juta

Seorang pengemudi yang nekat membuang rokok di jalan saat berkendara harus berurusan dengan polisi. Pengemudi bermur 21 tahun itu harus membayar denda Rp 8,2 juta.

Jum'at, 14 Juni 2019 18:15 Editor : Dini Arining Tyas
Buang Rokok di Jalan Saat Nyetir, Pengemudi Didenda Rp8 Juta
Ilustrasi membuang rokok di jalan sambil berkendara (Daily telegraph)

OTOSIA.COM - Seringkali pengendara mobil dan motor terlihat membuang putung atau bekas rokok mereka sembarangan di jalan raya. Perilaku itu bisa memicu bahaya, karena api yang tertinggal pada bekas rokok bisa tersulut kapan saja.

Tapi masih banyak yang melakukan hal tersebut. Seperti pengendara mobil di Kanada yang terang-terangan membuang puntung rokok di depan mobil polisi saat dirinya mengemudi.

Melansir Zing, jelas perilaku itu berujung dengan hukuman. Insiden yang terjadi di highway 17, di negara bagian British Columbia Kanada itu terjadi pada 8 Juni 2019 lalu.

1 dari 2 Halaman

Buang di Depan Polisi

Buang Rokok di Jalan Saat Nyetir, Pengemudi Didenda Rp8 JutaBuang di Depan Polisi

Kepala Departemen Kepolisian Victoria, Del Manak mengatakan, saat itu dia sedang mengemudi dan melihat pengemudi Ford Mustang memegang asbak sambil mengemudi. Lalu si pengemudi yang diketahui berusia 21 tahun itu membuang sisa-sisa rokok di jalan.

Manak kemudian menghentikan mobil tersebut dan memberikan sanksi kepada pengemudi. Sesuai dengan peraturan Undang-Undang Kebakaran Hutan British Columbia, Manak memberikan sanksi denda sebesar USD 575 atau setara dengan Rp 8,2 juta (Kurs USD 1 = Rp 14.277).

2 dari 2 Halaman

575 Alasan Tak Buang di Jalan

Buang Rokok di Jalan Saat Nyetir, Pengemudi Didenda Rp8 Juta575 Alasan Tak Buang di Jalan

Setelah kejadian itu, Manak mengunggah foto denda ke sosial media untuk mencegah insiden tersebut terulang. Pada unggahannya, Manak menuliskan alasan mengapa jangan meniru perilaku tersebut.

"Ada 575 alasan untuk tidak membuang rokok melalui jendela mobil," tulisnya.

Menariknya, saat pengemudi ditanya mengapa membuangnya di jalan, jawabannya bikin geleng kepala, padahal di dalam mobil si pengemudi disebut ada tempat sampah.

"Saya tidak ingin mobil saya terbakar," jawab si pengemudi.

"Kalau begitu jangan merokok di mobil Anda," balas Manak sambil memberikan surat tilang kepada pemuda tersebut.

Banyak netizen mengomentari hal ini. Mereka menyebut banyak cara untuk menyimpan sampah rokok. Selain itu juga mereka mengatakan bahwa insiden ini bisa menjadi pelajaran bagi pengemudi lain.

 

BERI KOMENTAR