HOME » BERITA » BUKAN ASAL DIWARNAI, RAMBU PENUNJUK ARAH HIJAU DAN BIRU PUNYA ARTI KHUSUS

Bukan Asal Diwarnai, Rambu Penunjuk Arah Hijau dan Biru Punya Arti Khusus

Selain bikin mencolok dan mudah dibaca di jalan, tahukah Kamu bahwa warna hijau dan biru tersebut rupanya memiliki arti khusus?

Sabtu, 29 Mei 2021 17:15 Editor : Nurrohman Sidiq
Bukan Asal Diwarnai, Rambu Penunjuk Arah Hijau dan Biru Punya Arti Khusus
Ilustrasi Rambu Penunjuk Arah (istimewa)

OTOSIA.COM - Setiap berkendara, pasti Otolovers sering menemukan rambu-rambu penunjuk arah. Meski terlihat sederhana dan sekarang smartphone sudah didukung dengan fitur peta, rambu-rambu seperti ini pastinya masih sangat bermanfaat agar pengendara tidak sampai tersesat di jalan.

Umumnya, rambu penunjuk arah memiliki warna biru atau pun hijau dengan keterangan tempat tujuan dan juga anak panah. Selain bikin mencolok dan mudah dibaca di jalan, tahukah Kamu bahwa warna hijau dan biru tersebut rupanya memiliki arti khusus?

Seperti diterangkan oleh PT Hino Motors Sales Indonesia dalam akun resmi Instagram mereka @hinoid, disitat Sabtu (29/5/2021), pemberian warna rambu penunjuk arah sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia, khsusnya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2014 tentang Rambu Lalu Lintas.

1 dari 4 Halaman

Warna Biru

Aturan rambu penunjuk arah warna biru tertuang dalam Pasal 17 yang mewajibkan rambu dengan warna dasar biru, garis tepi putih, lambang putih dan juga tulisan berwarna putih. Itu artinya, rambu biru tersebut merupakan bentuk perintah.

Pasal 20 menjelaskan tentang rambu berwarna biru dengan ciri serupa. Fungsinya ialah sebagai penunjuk batas wilayah, batas jalan tol, lokasi utilitas umum, rambu pengaturan lalu lintas dan rambu petunjuk dengan kata-kata.

Ketika menemukan rambu perintah dengan warna biru yang di situ menunjukkan lokasi tertentu, maka Kamu harus tetap berada di lajur yang ditunjuk agar Kamu sampai ke lokasi.

 

2 dari 4 Halaman

Warna Hijau

Selain biru, pada Pasal 18 juga diterangkan soal rambu warna hijau. Rambu ini memiliki warna dasar hijau bergaris tepi putih, memiliki lambang, huruf dan angka putih.

Fungsi rambu hijau ini untuk memandu penggunakan jalan sekaligus penunjuk jurusan atau lokasi tertentu.

Rambu pennjuk arah ini biasa ditemukan di jalan raya atau tol dan umum dipasang sebelum kota atau daerah yang dituju.

Berbeda dengan warna biru yang berupa perintah, warna hijau ini memberikan pilihan bagi pengguna jalan untuk menentukan sendiri mana jalur yang mau ditempuh.

3 dari 4 Halaman

Warna Coklat

Selain biru dan hijau, ada juga rambu penunjuk arah dengan latar coklat. Fungsinya tidak jauh beda dengan hijau, tapi lebih spesifik menunjuk lokasi atau sebuah tempat. Kadangkala juga merujuk pada tempat wisata.

4 dari 4 Halaman

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Hino Indonesia (@hinoid)

 

BERI KOMENTAR