HOME » BERITA » BUKAN CUMA ALPHARD, TOYOTA GRANACE JUGA PESAING HYUNDAI STARIA

Bukan Cuma Alphard, Toyota GranAce juga Pesaing Hyundai Staria

Di Indonesia Toyota Alphard menjadi pesaing Hyundai Staria. Namun Toyota GranAce juga bisa menjadi lawan MPV asal Korea Selatan itu.

Rabu, 25 Agustus 2021 16:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Bukan Cuma Alphard, Toyota GranAce juga Pesaing Hyundai Staria
Toyota GranAce (Hyogo Toyota)

OTOSIA.COM - PT Hyundai Motors Indonesia baru-baru ini meluncurkan Hyundai Staria. MPV premium tersebut menawarkan tampilan modern dan futuristik serta rasa berkendara yang nyaman dan mewah.

Kesan berkelas dan nyaman juga sering digunakan untuk lawannya di Indonesia, yakni Toyota Alphard. Keduanya bertarung di segmen MPV keluarga premium yang hingga saat ini tidak banyak pemain.

1 dari 5 Halaman

Jika dilebarkan, lawan Hyundai Staria bukan cuma Alphard. Toyota sendiri sebenarnya juga mempunyai kendaraan setara dengan Hyundai Staria. Mobil tersebut adalah Toyota GranAce atau nama lain dari Toyota HiAce yang dipermewah dari bagian luar dan dalam.

Jadi bisa dikatakan, Hyundai Staria punya dua lawan sekaligus dari Toyota. Pasalnya Hyundai Staria berawal dari mobil niaga yang diracik menjadi MPV premium.

2 dari 5 Halaman

Tampang belakang Toyota GranAce (Hyogo Toyota)

Toyota GranAce mempunyai tampang yang lebih boxy dari Hyundai Staria, mengingat basis mobil itu adalah Toyota HiAce. Fascia depan dibuat lebih mewah dengan tambahan aksen krom di grille besar dan lampu LED yang tidak ditemukan pada HiAce.

Sisi belakang GranAce makin terlihat desain megotaknya, dari bagian atap ke bawah berbentuk garis lurus minim lekukan. Meski demikian Toyota mempermanis tampilannya dengan spoiler kecil di atas pintu bagasi serta beberapa aksen krom di area pelat nomor dan bumper.

3 dari 5 Halaman

Mobil mewah ini mempunyai nama berbeda di tiap negara, seperti Toyota Super Grandia di Filipina, Toyota Majesty di Thailand, atau Toyota GranAce di Jepang.

Nama terakhir hanya tersedia varian G 8 seater atau tipe Premium 6 seater. Jumlah kursi penumpang tersebut lebih sedikit dibandingkan mobil yang sama di negara lainnya. Misalnya Toyota Majesty di Thailand bisa menampung hingga 11 penumpang dengan konfigurasi jok 3-2-2-4.

Kursi Alphard di Toyota GranAce (Hyogo Toyota)

4 dari 5 Halaman

Untuk tipe GranAce termewah di Jepang tersedia versi Premium 6 seater, mempunyai konfigurasi jok 2-2-2. Tempat duduk baris kedua dan ketiga menggunakan jok yang sama dengan Alphard. Artinya setiap penumpang belakang mendapatkan captain seat elektrik dengan sistem pemanas kursi.

Fitur-fitur lain yang disematkan mencakup head unit 8 inci, power sliding doorambient lighting, tirai di baris kedua dan ketiga, kamera 360 derajat, idling-stop system, serta Toyota Safety Sense (TSS).

 

 

 

5 dari 5 Halaman

Dapur pacu yang digunakan GranAce Jepang sama dengan HiAce pada umumnya, yaitu mesin 2.800cc 1GD-FTV dengan total output 177 PS dan torsi maksimal sebesar 450Nm.

Toyota GranAce dibanderol harga JPY 6.2 juta atau Rp 813 juta (dengan kurs JPY 1 = Rp 131.14) untuk tipe G, sementara varian termahal Premium diberi harga JPY 6.5 juta atau Rp 852 juta.

BERI KOMENTAR