HOME » BERITA » BUKAN CUMA KTM AUSTRIA, TERNYATA KTM INUL PERNAH PUNYA TRAIL PESAING KLX

Bukan Cuma KTM Austria, Ternyata KTM Inul Pernah Punya Trail Pesaing KLX

Sama seperti KTM Austria yang punya motocross, ternyata KTM Inul pernah merilis motor trail Power Trex GTX 150 tahun 2015 silam. Motor tersebut disiapkan untuk melawan Kawasaki KLX 150

Rabu, 30 September 2020 22:15 Editor : Nazarudin Ray
Bukan Cuma KTM Austria, Ternyata KTM Inul Pernah Punya Trail Pesaing KLX
Trail APP KTM Power Trex GTX 150 (Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Belakangan, nama KTM jadi bahan pembicaraan setelah dua pembalapnya mampu memenangi MotoGP beberapa waktu lalu. Tidak sebatas MotoGP, di ajang kejuaraan motocross dunia dan rally Dakar, motor trail dan enduro KTM mampu mendulang prestasi.

Di Indonesia, lewat PT Penta Jaya Laju Motor, KTM memasarkan motor dual purpose atau enduro, di antaranya KTM 790 Adventure dan KTM 390 Adventure yang Agustus lalu diluncurkan di Jakarta.

Nah ngomong-ngomong soal motor dual purpose, "KTM Inul" atau lengkapnya PT ASEAN Motor International KTM (APP KTM) sebenarnya pernah merilis motor trail pada Februari tahun 2015 lalu. Trail APP KTM tersebut adalah Power Trex GTX 150, dan hadir dalam tiga varian warna, hijau, kuning dan oranye ketika itu.

1 dari 4 Halaman

APP KTM Power Trex GTX 150 merupakan trail asal Tiongkok yang disiapkan sebagai lawan Kawasaki KLX 150. Sebenarnya selain APP KTM, di tahun yang sama motor Tiongkok lain, Viar, juga merilis trail Viar Cross X 150.

Kedua brand tersebut merupakan lawan pertama Kawasaki KLX 150 di saat pabrikan Honda dan Yamaha belum menelurkan trail 150cc sebagai pesaing KLX.

APP KTM Power Trex GTX 150 di awal peluncurannya dijual Rp 15.750.000 untuk pulau Jawa dan Rp 16 jutaan di luar Jawa. Bahkan APP KTM juga memberikan opsi custom menjadi supermoto GTX 150, dengan biaya tambahan Rp 1 juta, meliputi perubahan ban, handguard dan sebagainya.

 

2 dari 4 Halaman

Lantaran harganya murah ketika diluncurkan, APP KTM Power Trex GTX 150 rupanya sempat memikat beberapa penggemar trail. Selang berapa hari peluncuran, tercatat ada 250 pemesanan Power Trex GTX 150.

Namun sejak akhir tahun 2017 lalu Power Trex GTX 150 disuntik mati lantaran dinilai tidak mampu bersaing dengan motor sejenis dari pabrikan Jepang maupun Viar. Selain itu APP KTM ingin fokus pada penjualan motor niaga roda tiga yang permintaannya tetap tinggi.

"Sekarang kita fokus pada roda tiga (Tidak menjual lagi Power Trex GTX 150) merupakan keputusan dari managemen," kata Marzuki, Regional Manager Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Kalimantan APP KTM/HTM.

Meski harga murah, sebenarnya desain Power Trex GTX 150 mengadopsi model trail Jepang, jadi terlihat lebih modern dan stylish. Bukan cuma itu, trail ini sudah menggunakan suspensi depan up side down, dan mengaplikasi lampu utama dan belakang serta sein LED.

 

3 dari 4 Halaman

Spesifikasi Power Trek GTX 150

Power Trek GTX 150 menggunakan mesin tipe 4 langkah SOHC, 150 cc, berpendingin udara. Dibalut dengan karburator Keihin P22 serta kompresi 9.1 : 1 mesin Power Trek GTX menyemburkan tenaga 12.1 PS/8.500 rpm dan torsi maksimum 1.0 kgm/7.500 rpm.

Motor trail Tiongkok ini mengusung sistem pengapian CDI/AC dimana bila dalam keadaan darurat motor bisa dihidupkan tanpa accu/aki.

 

4 dari 4 Halaman

Power Trek GTX 150 menggunakan suspensi depan upside down dan belakang shock absorber dengan pelek jari-jari yang dibungkus ban pacul berdiameter 2.75-18 untuk depan dan belakang 3.00-17. Untuk pengereman Trek GTX 150 dilengkapi disc brake depan dan belakang.

Dengan bekal rangka besi pipa, GTX 150 dan memiliki kapasitas tangki bensin 7.8 liter. Hasil uji team Research and Development APP KTM, konsumsi BBM Trek GTX 150 diklaim menembus 30 km/liter. Bekal lain yang membuat trail ini terlihat sporti adalah pemakaian knalpot Megaphone.

 

BERI KOMENTAR