HOME » BERITA » BUKAN ELON MUSK, PRIA CHINA INILAH YANG JADI SEJARAH MOBIL LISTRIK

Bukan Elon Musk, Pria China Inilah yang Jadi Sejarah Mobil Listrik

Jika selama ini mobil listrik dan Elon Musk seperti satu kesatuan, sepertinya tak lagi saat kisah mantan Menteri Sains dan Teknologi China tahun 2007, Wan Gang, terungkap.

Sabtu, 29 September 2018 13:45 Editor : Dini Arining Tyas
1. Tokoh Kunci di China
   
Bukan Elon Musk, Pria China Inilah yang Jadi Sejarah Mobil Listrik
Tokoh Kunci di China

Saat menjadi menteri, Wan menggelontorkan miliaran yuan untuk penelitian dan pengembangan industri populer. Dia berulang kali menantang para insinyur China. Hasilnya, bus untuk Olimpiade Beijing 2008, 1.000 mobil bertenaga baterai di setiap kota besar.

Musim semi 2010, pabrikan China menerima hibah USD 10.000 untuk setiap kendaraan listrik yang mereka jual.

Foto by Zing

"Akan ada strategi untuk mengembangkan kendaraan dalam 10 hingga 20 tahun mendatang," ujar Wan kepada salah satu media China, pada Maret lalu.

Diakui petugas hubungan pemerintah Nissan Motor, Makoto Yoshida, Wan Gang adalah tokoh kunci. Berulang kali, Wan juga diundang pabrikan lain untuk mengunjungi pabrik.

"Dia adalah pelanggan penting di China. Jika China mengatakan, 'kami tidak menerima teknologi Anda', itu masalah besar. Inilah mengapa Wan Gang adalah tokoh kunci," ujar Makoto, seperti disitat dari Zing.

Saat ini, lebih dari 100 kendaraan listrik buatan China ada di pasaran. Mayoritas dikembangkan oleh Warren Buffet, seperti BYD, startup seperti NIO.

 


BERI KOMENTAR