HOME » BERITA » BUKAN INDONESIA, INI NEGARA DENGAN LALU LINTAS PALING BAHAYA DI ASIA TENGGARA

Bukan Indonesia, Ini Negara dengan Lalu Lintas Paling Bahaya di Asia Tenggara

Senin, 07 Januari 2019 17:45 Editor : Dini Arining Tyas
Lalu lintas di Thailand (Zing)

OTOSIA.COM - Negara-negara berkembang memang masih mengandalkan kendaraan roda dua untuk mobilitas mereka. Termasuk Indonesia, yang mana sepeda motor lebih banyak jumlahnya ketimbang mobil.

Macet di Indonesia seperti sudah menjadi hal yang biasa. Kecelakaan pun kerap terjadi di jalanan Indonesia, baik jalan utama maupun alternatif.

Tapi ternyata, bukan lalu lintas di Indonesia yang paling bahaya di Asia Tenggara. Mengutip Zing, ternyata Thailand-lah yang memegang predikat negara dengan lalu lintas paling bahaya.

Menurut CNN, mengendarai sepeda motor di jalanan Thailand adalah pengalaman yang menakutkan, termasuk risiko kecelakaan. Terlebih selama liburan tahun baru, bahkan Tahiland disebut mengalami '7 hari berbahaya'. Pengemudi harus benar-benar menjaga keselamatannya selama 7 hari tersebut.

Otoritas Thailand menyebut bahwa selama pekan liburan, kecelakaan pun ikut meningkat signifikan. Selama waktu liburan tersebut, warga Thailand berbondong-bondong mengunjungi keluarga dan teman.

Otoritas pun telah berusaha untuk menekan angka kecelakaan seperti pengemudi dalam kondisi mabuk, mengemudi di atas kecepatan rata-rata dan lainnya. Ternyata, usaha itu tak efektif selama 7 hari berbahaya.

Dari 27 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019, tercatat 463 orang tewas dalam 3.791 kecelakaan lalu lintas. Periode yang sama pada tahun sebelumnya, hanya ada 423 orang yang tewas, menurut data Natural Disaster Prevention Departemen.

Sementara WHO mengestimasikan sekitar 22.941 orang tewas setiap tahun akibat kecelakaan di Thailand. Data ini membuat Thailand menjadi negara dengan lalu lintas berbahaya tak hanya di Asia Tenggara, tapi di seluruh dunia.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR