HOME » BERITA » BUKAN MOBIL LISTRIK, INI KENDARAAN SOLUSI KURANGI EMISI

Bukan Mobil Listrik, Ini Kendaraan Solusi Kurangi Emisi

Kendaraan listrik disebut-sebut sebagai kendaraan masa depan yang ramah lingkungan. Tapi laporan Anggota Parlemen Lintas Partai Inggris, tak sepakat akan hal itu.

Selasa, 27 Agustus 2019 19:45 Editor : Dini Arining Tyas
Bukan Mobil Listrik, Ini Kendaraan Solusi Kurangi Emisi
Mbil listrik Jaguar I-Pace (TopSpeed)

OTOSIA.COM - Laporan dari Anggota Parlemen Lintas Partai menyebutkan bahwa pemerintah Inggris butuh untuk berpikir ulang tentang upaya pengurangan emisi. Salah satunya soal mengganti kendaraan listrik menjadi sepeda atau angkutan umum.

Laporan berjudul Clean Growth: Technologies for meeting the UK's emissions reduction target, dipublikasikan pada 22 Agustus 2018. Melansir Autoevolution, mengganti kendaraan saat ini ke versi yang lebih rendah emisi tidak akan berhasil.

Langkah itu juga bukan solusi menyeluruh, menurut pemerintah. Laporan itu juga mengutip peringatan Survei Geologi Amerika serikat tentang kemungkinan kekurangan mineral di masa depan untuk membuat baterai kendaraan listrik.

1 dari 1 Halaman

Tak Seramah yang Diperkirakan

Bukan Mobil Listrik, Ini Kendaraan Solusi Kurangi EmisiTak Seramah yang Diperkirakan

Diperkirakan, cadangan mineral yang masih bisa ditambang hanya bisa dipakai untuk produksi selama 30 tahun. Dengan kata lain, kendaraan listrik memang bisa menawarkan solusi untuk beberapa masalah. Tapi tidak seramah lingkungan seperti yang dibayangkan, dalam hal penambangan dan proses pembuatan.

"Dalam jangka panjang, kepemilikan kendaraan pribadi yang meluas tampaknya tidak sesuai dengan dekarbonisasi yang signifikan," begitu kesimpulan komite.

Laporan itu menyebutkan bahwa dekarbonisasi yang signifikan dapat dicapai dengan langkah-langkah pemerintah yang akan mendorong bersepeda dan berjalan, atau menggunakan transportasi umum. Komite juga merekomendasikan untuk melarang penjualan mobil bensin dan diesel, pada 2040 mendatang.

BERI KOMENTAR