HOME » BERITA » BUKAN PAKAI SABUN, BERSIHKAN BAN KENDARAAN CUKUP PAKAI MINUMAN BERSODA

Bukan Pakai Sabun, Bersihkan Ban Kendaraan Cukup Pakai Minuman Bersoda

Membersihkan ban kendaraan pakai sabun justru akan membuatnya mengeras. Cara membersihkan ban bisa menggunakan minuman bersoda.

Rabu, 01 Mei 2019 19:15 Editor : Dini Arining Tyas
ilustrasi (RevZilla)

OTOSIA.COM - Ibarat manusia, ban menjadi kaki untuk bisa berjalan sampai ke tempat tujuan. Maka itu, jangan abaikan komponen ini ya Otolovers.

Apalagi ban menjadi komponen yang selalu bersentuhan dengan aspal atau permukaan jalan lainnya. Wajar kalau ban sering kotor, ditambah tak sengaja melindas sesuatu yang membuatnya kotor maksimal.

Saat mencuci motor, jangan lupa untuk mencuci ban sekalian ya Otolovers. Tapi mencucinya pun tak bisa sembarangan.

Jika kamu terbiasa membersihkannya dengan sabun, sepertinya jangan diteruskan. Permukaan ban yang terkena ban secara langsung akan menjadi kaku dan keras.

Efeknya, daya cengkram ata traksi ban terhadap jalanan bisa berkurang. Akibatnya, ban akan lebih mudah selip atau tergelincir.

Selain itu, ban yang keras akan lebih cepat tergerus oleh aspal. Sudah tentu hal itu akan memperpendek usia pakai ban. Jika harusnya bisa dipakai sampai 1,5 tahun, paling bisa bertahan kurang dari setahun.

Sebenarnya ada cara yang mudah untuk membersihkan ban kendaraanmu. Menurut laman Wahana Honda, salah satunya bisa memakai minuman bersoda.

Caranya, mudah. Oleskan minuman bersoada ke seluruh permukaan ban. Lalu biarkan hingga kering dengan sendirinya. Sesudahnya silakan dibilas. Nah, cara itu sekaligus bisa menghitamkan ban kendaraanmu. Gampang kan?

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR