HOME » BERITA » BUKAN PANAMERA, INI DIA SEDAN PERTAMA KREASI PORSCHE

Bukan Panamera, Ini Dia Sedan Pertama Kreasi Porsche

Senin, 20 Maret 2017 09:15

Bukan Panamera, Ini Dia Sedan Pertama Kreasi Porsche
Foto: Istimewa
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Produsen mobil asal Jerman, Porsche, meskipun terkenal dengan produk legendarisnya, mobil sport Porsche 911. Namun, jualan utama pabrikan yang bermarkas di Stuttgart tersebut adalah varian sedan Panamera.

Panamera sendiri pertama kali dihadirkan pada tahun 2009 silam sebagai mobil sedan berpintu empat pertama yang ditawarkan oleh Porsche.

Akan tetapi, jarang yang mengetahui bahwa sedan pertama yang pernah dibuat Porsche bukan Panamera. Bahkan, jauh sebelum mobil konsep sedan Porsche 989 menyeruak di tahun 1988.

Mobil sedan pertama yang pernah dibuat oleh Porsche adalah Studebaker Lark, atau Porsche Type 542 buatan tahun 1952 silam.

Dibalik bodi Studebaker Lark, terdapat mesin, serta sistem penggerak buatan Porsche sebagai upaya dalam membangun mobil kompak.

Para insinyur Porsche bahkan susah payah hingga mendapatkan beberapa desain, dan membangun beberapa prototipe mobil beserta mesinnya.

Sayangnya, tanpa ada keterangan yang pasti, proyek Studebaker Lark karya Porsche tidak sampai ke meja produksi dikarenakan ada anggapan mobil tersebut terlalu aneh untuk masanya.

Mobil sedan 4 pintu pertama yang mengemban lambang Porsche sendiri juga bukan Panamera, melainkan Porsche 911. Memang, nama 911 lebih identik dengan profil sebuah mobil sport berpintu 2. Namun nyatanya, pada tahun 1968 terdapat sebuah Porsche 911 4 pintu.

Porsche 911 Sedan

Hanya saja, Porsche 911 sedan ini bukan hasil produksi resmi pabrikan asal Stutgart, melainkan hasil karya duo fabrikator handal, Dick Troutman dan Tom Barnes.

Benar saja, keduanya memotong sebuah Porsche 911 menjadi 2 dan menambahkan panel pintu dan lantai sehingga tercipta lah Porsche 911 Sedan. Proyek 911 Sedan ini sangat mahal, hingga hargabya sedikit melebihi label harga milik Rolls-Royce Silver Shadow.

Selama 3,5 dekade berjalan semenjak penampakan Studebaker Lark, Porsche secara eksklusif memproduksi mobil sport 2 pintu, hingga pada 1988 tercetus kembali ide sedan buatan Porsche, kali ini membawa panji produsen asal Stutgart itu sendiri.

Adalah insinyur Porsche bernama Dr. Ulrich Bez, yang terinspirasi pada kesuksesan Porsche 928, sehingga lahir mimpi sedan berkemampuan mobil sport.

Porsche 932

Diketahui, pada akhir era 80-an, Porsche memiliki beberapa desain sedan yang berbasiskan 928 yang dipanjangkan. Salah satunya adalah Porsche 932 yang merupakan hasil guratan Ital Design.

Karena suatu hal, Porsche meninggalkan proyek 932, dan berlanjut pada Porsche 989. Mobil yang dikembangkan sejak tahun 1988 ini merupakan cikal bakal dari Panamera.

Seperti Panamera, Porsche 989 merupakan mobil 4 pintu dengan profil bagai mobil sport, dengan mengusung dapur pacu V8, persis pada Panamera kebanyakan di era modern.

Porsche 989

Desain Porsche 989 terbilang sangat maju di masanya, dimana kebanyakan mobil sedan di era tersebut cenderung memiliki bentuk yang mengkotak. Tidak hanya itu, beberapa elemen desain 989 juga dapat ditemukan pada model Porsche 911 (996).

Amat disayangkan, Dr. Ulrich Bez meninggalkan Porsche pada September 1991, sehingga proyek sedan Porsche kembali terbengkalai.

Namun, berbekal dari proyek 989 tersebut, Porsche sekarang dapat menelurkan Panamera, hingga hari ini menjadi salah satu tulang punggung penjualan Porsche.

(kpl/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-4-19
detail

BERITA POPULER